DetikNews
Selasa 01 Agustus 2017, 14:47 WIB

Penjual Mangga Podang Menjamur di Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Penjual Mangga Podang Menjamur di Kediri Mangga podang Khas Kediri menjamur/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Mangga Podang, buah dengan perpaduan rasa manis dan segar. Dijamin tidak akan membuat batuk ataupun radang tenggorokan saat dinikmati. Bahkan kabarnya kandungan dalam mangga podang tidak akan membuat sakit perut dan batuk berapapun anda mengkonsumsinya.

Mangga yang hanya bisa ditemukan di kawasan pertanian lereng Gunung Wilis, Kabupaten Kediri ini mulai membanjiri jalanan Kabupaten Kediri, khususnya Jl. Kediri-Maron-Banyakan Kabupaten Kediri dan sejumlah pasar di Kediri.

Kekhasan Mangga Podang Urang terutama pada penampilan warna. Warna kulit buah merah jingga, daging buah jingga, bentuk buah cantik, ukuran buah tidak terlalu besar (Sekitar 200-250/buah), rasa buah manis, aroma buah tajam, serat halus dan cukup banyak mengandung air sehingga sesuai untuk buah segar maupun olahan.

Sejak satu bulan terakhir mangga podang telah memenuhi pasar buah dan kaki lima di setiap sudut kabupatan dan Kota Kediri. Mangga berukuran sedang dengan warna kuning kemerahan ini selalu menggoda siapa pun untuk mencicipi.

Anna Rully, warga Kelurahan Jong Biru, Kecamatan Gampeng Rejo. Kabupaten Kediri sering mengkonsumsi mangga podang. Menurut Rully, rasa segar dan manisnya berbeda dengan mangga lain.

"Saya rutin mangga podang dengan cara dijus, rasanya beda dengan mangga lainnya. Manis, segar dan lebih enak," jelas ibu 2 anak ini kepada detikcom.

Berbeda dengan jenis tanaman lain yang membutuhkan pasokan air, mangga podang justru tumbuh lebat saat matahari menyengat. Sebab buah ini tak tahan dengan air hujan yang justru membuatnya busuk dan mati.
Penjual mangga podang menjamur di jalur Kediri-Jateng/Penjual mangga podang menjamur di jalur Kediri-Jateng/ Foto: Andhika Dwi

Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengaku ada tiga varietas mangga Podang asal Kediri. Yakni, Mangga Podang Urang (warna kulit buah merah jingga, rasa buah manis-segar), Mangga Podang Lumut (warna kulit buah kuning kehijauan, rasa buah manis-agak asam), Mangga Podang Nanas (warna kulit buah kuning, rasa buah manis-agak asam). Dari ketiga varietas, yang paling menarik penampilan dan rasa buahnya enak adalah Mangga Podang Urang.

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Kediri sudah melakukan uji coba olahan manisan mangga podang. Dalam waktu dekat akan segera launching. Sebelumnya, podang sudah sering dipamerkan keluar negeri. Karena buah ini hanya ada di Kabupaten Kediri," kata Suwignyo saat dihubungi detikcom, Selasa (1/8/2017).

Karena masih belum memasuki musim panen raya, harga per kg mangga masih mahal, ketersediannya pun juga belum maksimal.

Yanti, pedagang mangga podang di pasar buah mangga Kecamatan Banyakan mengaku harga 1 kg podang masih cukup tinggi, sekitar Rp 18-20 ribu. Jika nanti sudah panen raya, harga jual menjadi Rp 10-15 ribu/kg.

Kendati terbilang cukup tinggi. Dalam sehari Yanti bisa menjual 80-1 kwintal. Tergantung hari kerjanya. Sabtu-Minggu banyak wisatawan yang beli untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

"Masih lumayan mahal karena belum panen raya, tapi ya itu kalo Sabtu Minggu bisa sampai 1 kwintal habis jualan saya, dibeli buat oleh-oleh. ini kan jalan Kediri-Jawa Tengah," tambah Yanti.

Pantauan detikcom, selain dimakan biasa oleh masyarakat, mangga podang juga biasa dijadikan olahan minuman jus, atau bahan jajanan kue.
Karena keunikannya ini, Pemkab Kediri menetapkan mangga podang sebagai buah khas daerah dan telah dipamerkan di sejumlah negara.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed