detikNews
Senin 31 Juli 2017, 13:38 WIB

Polisi Bebaskan 9 Pria yang Ditangkap di Pemandian Songgoriti

Muhammad Aminudin - detikNews
Polisi Bebaskan 9 Pria yang Ditangkap di Pemandian Songgoriti Foto: Muhammad Aminudin
Batu - Polisi melepas 9 pria yang diduga menggelar pesta gay di pemandian air panas Songgoriti, Kota Batu, Sabtu (29/7/2017) malam. Mereka diminta membuat surat pernyataan tidak mengulang perbuatannya.

"Kita pulangkan dengan syarat membuat surat pernyataan tidak mengulang perbuatan melanggar hukum," tegas Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto kepada detikcom, Senin (31/7/2017).

Kapolres menegaskan, penindakan dengan menggerebek sembilan orang pria ini, merupakan langkah menjawab keresahan dari masyarakat.

"Ini untuk menjawab keresahan di masyarakat. Karena mereka sudah dua bulan beraktivitas di pemandian itu," tegasnya.

Upaya pencegahan itu dilakukan kata Kapolres, agar Kota Wisata Batu terbebas dari praktek amoral oleh komunitas tertentu (LGBT).

Soal memulangkan para pria yang diamankan. Kapolres membeberkan, dari hasil pemeriksaan belum menemukan adanya tindak pelanggaran hukum yang disangkakan. Seperti praktik prostitusi maupun porno aksi oleh sembilan pria yang diamankan.

Meskipun, tiga dari mereka mengakui, sebagai anggota dari Ikatan Gay Batu (IGABA), namun polisi perlu membuktikan adanya tindakan pelanggaran hukum.

"Durasi waktu menentukan tersangka selama 1 kali 24 jam, belum cukup bagi kami. Makanya tidak dilakukan penahanan," tandasnya.

Ada 11 pria yang diamankan polisi, sembilan diantaranya diduga tergabung dalam Ikatan Gay Batu (IGABA). Sedangkan dua orang lain adalah penjaga sumber air panas Songgoriti yang dimintai keterangan selaku pengelola.

Mereka, BU (37), RS (16), YH (18), RI (42), keempatnya warga Kota Batu, dan R (26), IA (38), keduanya warga Kabupaten Malang, serta S (51), PS (27), warga Kota Malang, dan WH (37), asal Surabaya, serta dua orang penjaga pemandian yakni AT (23) dan AP (49), warga Kota Batu.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com