DetikNews
Minggu 30 Juli 2017, 09:06 WIB

Kediri Nite Carnival Tandai Hari Jadi Kota Kediri ke-1138

Andhika Dwi - detikNews
Kediri Nite Carnival Tandai Hari Jadi Kota Kediri ke-1138 Foto: Andhika Dwi
Kediri - 200 Mobil hias dan 2.500 peserta meriahkan Kediri Nite Carnival dengan tema Berkelanjutan Merajut Harmoni. Warga Kota Kediri dimanjakan dengan pemandangan penuh warna dari kostum dan keindahan kearifan lokal mobil hias peserta, Sabtu (29/0/2017).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan Kediri Nite Carnival telah digelar selama 3 tahun. Setiap tahunnya selalu memberikan tampilan dan hasil evaluasi dari pelaksanaan carnival sebelumnya. Tahun ini lebih meriah dan merupakan kreasi dari warga Kota Kediri dalam berpartisipasi memperingati hari jadi Kota Kediri ke-1138.

Ditahun ini peserta lebih banyak, modifikasi mobil hias dan kostum peserta lebih spektakuler dengan menghadirkan efek teknologi dan mekanis, dengan menghadirkan keindahan kearifan lokal budaya.

"Kemarin merupakan bentuk kreasi dan partisipasi warga Kota Kediri peringati hari jadi 1138, lebih meriah tentunya serta menghadirkan tontonan yang semoga dapat menghibur warga, karena ini adalah hasil evaluasi dari penyelenggaraan Kediri Nite Carnival selama 2 tahun penyelenggaraan," kata Mas Abu, sapaan wali kota Kediri, saat ditemui di Halaman Pemkot Kediri. Jl. Basuki Rahmat Kota Kediri.

PT Gudang Garam yang ikut berpartisipasi dalam pawai Hari Jadi Kota Kediri menampilkan paduan kreasi pakaian tradisional kerajaan Jawa kuno dengan keindahan pencahayaan lampu, serta teknologi asap dan gelembung udara yang menyelimuti para peserta pawai saat berjalan di jalanan protokol Kota Kediri.

Lotus Kingdom, Kerajaan Teratai dimana ada sosok putri yang duduk di atas bunga teratai dengan dikawal oleh belasan prajurit serta panglima perangnya.

"Kami mengerahkan 75 orang lebih dalam pawai ini dengan mengusung tema kerajaan teratai (Lotus Kingdom), bermakna mengayomi dan melindungi rakyat dan yang membutuhkan pertolongan," Humas PT Gudang Garam Iwhan Tricahyono.

Tak hanya Kerajaan Teratai, tokoh Gatot Kaca, Burung Garuda, Macan Putih, dan Putri Dewi Kilisuci. Kesenian jaranan khas Kota Kediri juga ditampilkan dalam rombongan pawai mobil hias serta perpaduan aneka warna dalam kostum yang dikenakan peserta saat berjalan di Jalanan Kota Kediri.

Kediri Nite Carnival yang digelar mulai pukul 19.00 wib hingga pukul 01.00 Wib, Sabtu (30/7/2017) dini hari, membuat jalanan Jalan PK Bangsa, Jl Airlangga, Jl Hayam Wuruk, dan Jalan Basuki Rahmat dipenuhi lautan warga Kediri.

Kediri Nite Carnival ditutup dengan pesta kembang api spektakuler yang menghiasi langit Kota Kediri. Warna warni kembang api ini sekaligus menjadi tanda peringatan Hari Jadi Kota Kediri yang ke-1138.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed