Polisi Sempat Bolak Balik Bongkar Mobil Patroli Cari Sudut yang Pas

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 12:45 WIB
Foto: Istimewa
Tuban - Tidak mudah menemukan titik yang tepat memasang mobil polisi palsu di jalur pantura. Polisi dari Polres Tuban harus bolak balik membongkar mencari titik jitu agar pengguna jalan hati-hati dan tidak ugal-ugalan.

Mobil polisi itu terbuat dari triplek dan disangga kayu, sehingga tampak berdiri bak mobil sedang diparkir. Saat ini mobil itu ada di empat titik, salah satunya di Jalan Raya Tuban-Lamongan.

Kasat Lantas Polres Tuban AKP Eko Iskandar mengaku awalnya harus bolak-balik membongkar mobil palsu itu agar mendapat sudut pandang yang pas. Pihaknya juga awalnya hendak membuat model tiga dimensi.

Baca Juga: Mobil Patroli Polisi di Tuban Kecoh Pengendara, Dari Mana Idenya?

"Tetapi akhirnya yang dibuat model dua dimensi dan pas sesuai dengan sudut pandang," kata Kasat lantas AKP Eko kepada detikcom saat dihubungi, Selasa (25/7/2017).

Eko menegaskan bahwa mobil palsu ini memang efektif mengendalikan angka kecelakaan lalu lintas. Jumlah angka kecelakaan di Tuban tahun ini menurun hingga 26%. Salah satunya berkat adanya mobil palsu ini.

"Tahun kemarin mulai Januari hingga Juni ada 1.500 kejadian kecelakaan. Tahun ini berkurang hingga 700 kejadian," ujar Eko.

Baca Juga: Mobil Patroli Polisi ini Kecoh Pengendara di Jalur Lamongan-Tuban (iwd/fat)