Bukit Megasari Ijen jadi Tempat Kejurda Gantole 2017

Chuk S. Widarsha - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 09:18 WIB
Kejurda Gantole di Bondowoso/Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Puluhan pilot layang gantung atau Gantole Jawa Timur mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) yang digelar Pengurus Provinsi (Pengprov) di Bukit Megasari, Kecamatan Sempol.

Selain berkompetisi, para pilot yang akan membela Jatim dalam berbagai kejuaraan nasional maupun internasional, juga menjajal site baru, yakni Bukit Megasari yang berada di kawasan Ijen.

Dalam kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari, Sabtu-Senin (22-24/7), dipertandingkan dua kelas. Yakni kelas senior (A) dan kelas yunior (B). Keduanya dalam kategori ketepatan mendarat (KTM). Di kelas senior, medali emas diraih Rizal, pilot gantole asal Lumajang.

Diikuti dua pilot asal Surabaya, yakni Abdul Mustofa (perak) dan Faiz (perunggu). Sedangkan di nomor junior Ahmad Faisol dari Jombang berhak atas medali emas diikuti Fathur dari Banyuwangi, dan Teguh dari Bojonegoro.

Ketua Pengprov Gantole Jatim, Sugeng Yanu, mengatakan, ajang ini merupakan upaya untuk mengembangkan olahraga dirgantara. Termasuk, juga upaya pembinaan bagi atlet-atlet professional yang ada di Jatim.

"Kami akan memperjuangkan agar tahun depan bisa dilaksanakan kejurnas gantole di Megasari, Ijen," kata Sugeng Yanu, kepada detikcom di lokasi, Selasa (25/7/2017).

Salah seorang pilot andalan Jatim Herda Eka, mengatakan site Bukit Megasari cukup representatif untuk kejuaraan gantole. "Mungkin nantinya bisa dikembangkan untuk kejuaraan-kejuaran nasional atau internasional," aku pilot asal Sirabaya ini.

Hal senada disampaikan Abdul Mustofa, pilot gantole asal Bangkalan yang kerap membela Jatim dalam berbagai kejuaraan nasional. Dia mengaku, sempat pesta termal pada saat hari terakhir kejuraan.

"Saya sempat berputar-putar lama menikmati termal. Panoramanya sangat indah jika dilihat dari udara," tambah Mustofa.

Termal merupakan panas bumi yang disebabkan cahaya matahari yang menimpa bumi. Termal inilah yang membantu pilot gantole atau paralayang terangkat naik hingga berjam-jam di atas udara.

Sedangkan pilot merupakan sebutan bagi orang yang mengemudikan gantole, paralayang, maupun olahraga dirgantara lainnya. Sedangkan site adalah penyebutan untuk lokasi kegiatan olah raga dirgantara lainnya. (fat/fat)