Asma Kambuh, Siswa SMK di Jombang Meninggal saat MOS

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 20 Jul 2017 14:55 WIB
Siswa SMK di Jombang Tewas saat MOS/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Abdul Hadi (16), siswa yang baru masuk di SMK PGRI 2 Jombang meninggal saat mengikuti kegiatan masa orientasi siswa baru (MOSB), Kamis (20/7/2017). Diduga sakit asma yang diderita pelajar asal Dusun Tempuran, Desa Pundong, Diwek ini kambuh, saat mengikuti senam.

Kakek korban Slamet Riyadi mengatakan, insiden yang dialami cucunya terjadi di lapangan SMK PGRI 2 Jombang pagi tadi. Bersama teman sesama siswa baru, Hadi mengikuti senam di lapangan sekolah. Kegiatan ini bagian dari MOSB yang digelar pihak sekolah khusus siswa kelas X.

Tak lama mengikuti senam, lanjut Selamet, korban mendadak kejang-kejang. Rekan-rekan korban pun sempat membawa cucunya ke IGD RS Muhammadiyah Jombang. Namun, anak bungsu dari dua bersaudara pasangan Sutiyoso dan Masfiyah ini meninggal di perjalanan.

"Sama teman-temannya dibopong, mau dibawa ke rumah sakit, dia meninggal di jalan," kata Slamet kepada wartawan di rumah duka.

Kendati begitu, Slamet mengaku ikhlas atas kepergian cucunya yang mendadak. Jenazah Hadi pun dimakamkan di TPU kampung halamannya. Menurut dia, korban mempunyai riwayat penyakit sesak nafas atau asma. Saat kegiatan MOSB, pihak sekolah sudah menyarankan siswa yang fisiknya tak kuat agar tak memaksakan diri.

"Sudah dibilangi guruya kalau tak kuat supaya tak memaksakan diri. Anak itu memang sedang sakit, saya sebagai orang tua menerima, ini takdir ilahi," tegasnya.

Sementara pihak SMK PGRI 2 Jombang sampai saat ini belum bersedia memberikan keterangan terkait meninggalnya peserta didik mereka. Sang Kepala Sekolah Mulyono tak berada di kantornya saat akan dikonfirmasi wartawan. Para guru di sekolah itu juga memilih bungkam.

Sekretaris Cabang Dinas Pendidikan Jatim di Jombang, Masduqi mengaku baru mengetahui insiden siswa di SMK PGRI 2 Jombang meninggal. "Masih saya kroscek informasinya. Jika benar, ini menjadi bahan evaluasi bagi kami," tandasnya. (fat/fat)