DetikNews
Selasa 18 Juli 2017, 07:14 WIB

Menengok Kesibukan Perajin Tas Anak Sekolah Saat Tahun Ajaran Baru

Muhajir Arifin - detikNews
Menengok Kesibukan Perajin Tas Anak Sekolah Saat Tahun Ajaran Baru Perajin Tas Anak Sekolah di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Tahun ajaran baru, bagi perajin tas sekolah membawa berkah tersendiri. Permintaan tas sekolah cukup tinggi. Apalagi tas bergambar kartun karakter sangat digemari para pelajar.

Sulam, seorang perajin tas asal Kelurahan Dermo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, mengakui permintaan tas karakter kartun naik hingga dua kali lipat. Pesanan tersebut datang dari sejumlah daerah di Jawa hingga luar Jawa, seperti Bengkulu dan Kalimantan.

"Biasanya setiap minggu hanya menjual tiga kodi, saat ini bisa enam kodi setiap minggu. Tas dengan gambar tokoh kartun sangat diminati," kata Sulam, di sela kesibukannya membuat tas, Selasa (18/7/2017).

Sebelum masuk tahun ajaran baru 2017, kesibukan sudah sangat terasa di rumah Sulam. Di rumah sekaligus 'pabriknya' ini, setiap hari membuat tas dibantu istri dan kerabatnya.
Perajin tas di Pasuruan banjir pesanan/Perajin tas di Pasuruan banjir pesanan/ Foto: Muhajir Arifin

"Saya buat tas untuk anak usia TK, SD hingga SMP. Modelnya sama dengan yang lain, misalnya model selempang dan juga rangsel (tas pungggung). Hanya saja saya tambahi gambar tokoh kartun sesuai pesanan. Ada Frozen, Cinderella, Rapuncel dan lainnya," terang Sulam, sembari menjahit.

Tas yang diproduksinya berbahan kain jeans dengan kombinasi semi kulit. Proses pembuatannya sama dengan tas pada umumnya. Kain dipotong sesuai model yang diinginkan kemudian dijahit lalu dibubuhi kain yang sudah dibentuk karakter kartun.

Sulam dan istrinya yang sudah bertahun-tahun membuat tas, tampak sudah sangat mahir melakukan pekerjaannya. Sementara tas produksi Sulam dijual dengan harga bervariasi. Untuk anak PAUD dan TK dihargai mulai Rp30 ribu, sementara untuk SD dan SMP dihargai Rp75 ribu.
Perajin tas di Pasuruan banjir pesanan/Perajin tas di Pasuruan banjir pesanan/ Foto: Muhajir Arifin

(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed