DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 21:22 WIB

Pelabuhan Niaga Segera Dibangun di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Pelabuhan Niaga Segera Dibangun di Trenggalek Pantai Prigi Trenggalek (Adhar Muttaqin/detikTravel)
Trenggalek - Pemerintah pusat hampir dipastikan akan membangun pelabuhan niaga di kawasan teluk Prigi, Watulimo, Trenggalek. Pembangunan itu untuk mendukung peningkatan perekonomian di pesisir selatan Jawa.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan 'upgrade' terkait studi kelayakan, karena nantinya akan dikaitkan dengan pembangunan sejumlah pelabuhan lain di pesisir selatan.

"Untuk lokasi di teluk Prigi, tapi beda dengan pelabuhan perikanan, ini nanti akan lebih ke selatan. Lokasinya sudah pasti, tinggal persetujuan koordinatnya, kami akan minta dirjen perhubungan laut," kata Emil, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, pembaruan studi kelayakan tersebut lebih pada aspek non teknis, yakni keterkaitannya dengan infrastruktur lain serta arus lalu lintas perdagangan barang dan jasa. Sedangkan untuk aspek teknis, seperti kondisi kedalaman air serta maupun yang lainnya telah dinyatakan layak.

"Upgrade ini penting, karena pemerintah tidak ingin pembangunan tersebut sia-sia dan tidak ada kapal yang datang. Untuk pembangunan kita tunggu saja, karena perencanan harus benar-benar maksimal, karena menyangkut visi jangka panjang," ujarnya.

Dijelaskan Emil, untuk mendukung rencana strategis nasional tersebut pihaknya akan mengikui rapat khusus dengan para kepala dinas pendapatan daerah (dispenda) maupun kepala dinas pehubungan yang difasilitasi oleh Menko Maaritim serta Dirjen Perhubungan Laut.

"Kebetulan saya mewakili Apkasi, ini untuk merancang master plan atau blueprint di selatan Jawa. Sehingga interkoneksi laut tidak hanya di utara Jawa, tetapi antar daerah di selatan juga harus terkoneksi, meskipun sekarang sudah ada jalan," jelasnya.

Emil menambahkan, pengembangan pelayanan niaga di pesisir selatan Jawa sangat penting dilakukan untuk mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Nantinya akan ada short sea shiping di pesisir selatan Jawa mulai dari Pelabuhan Ratu, Cilacap, Bojongslawe, Kulonprogo, Pacitan, Trenggalek hingga Banyuwangi," imbuhnya.

Orang nomor satu di Pemkab Trenggalek ini mengaku, potensi yang dimiliki kawasan selatan jawa cukup menjanjikan, sehingga harus ditopang dengan berbagai moda transportasi, mulai darat, laut maupun udara.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed