DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:25 WIB

Pembuangan Limbah di Surabaya Jadi Isu Internasional

Rois Jajeli - detikNews
Pembuangan Limbah di Surabaya Jadi Isu Internasional Tiga pelaku diamankan/Foto: Imam Wahyudiyanta
Surabaya - Kasus pembuangan limbah sempat ditangani Satreskrim Polrestabes Surabaya. Diduga melibatkan pelaku warga negara asing, kini kasus tersebut ditangani Polda Jatim.

"Kasus ini ditarik ke Polda Jatim, karena banyak dampak yang ditimbulkan, serta diduga melibatkan warga negara asing," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di mapolda, Jalan A Yani, Senin (17/7/2017).

Kasus pembuangan limbah tersebut, jelas dia, ditangani okeh Subdit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimus) Polda Jatim. "Kasus ini berimplikasi terhadap nasional maupun internasional," tuturnya.

Kasus tersebut ditangani Subdit Tipidter sejak Jumat (14/7) pekan lalu. "Korban (keracunan) juga banyak akibat dari dugaan pembuangan limbah. Ada sekitar 37 korban dirawat di rumah sakit (rumah sakit Bhakti Dharma Husada)," terangnya.

Polisi, jelas dia, sudah menetapkan tiga orang tersangka yakni M Faizi alias Faiz (41) warga Bungah, Kabupaten Gresik. Hadi Sunaryono (49) Kebomas, Gresik. Soni Eko Cahyono (38) warga Krembangan, Surabaya.

"Kasus ini masih terus dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan tersangka bisa bertambah. Karena ada limbah ini dari luar negeri," jelasnya.

Polrestabes Surabaya membongkar kasus pembuangan limbah cair yang diduga mengandung B3 (bahan bahaya dan beracun) di dekat rumah susun Romokalisari, Surabaya.
(roi/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed