DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 17:40 WIB

Dokter Pastikan Perut Hendro Bersih dari Benda Tajam

Yakub Mulyono - detikNews
Dokter Pastikan Perut Hendro Bersih dari Benda Tajam Ruang perawatan Hendro di Jember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Tim medis RSD dr Soebandi Jember memastikan kondisi kesehatan Hendro Wijatmiko (30) normal dan baik usai menjalani operasi pengangkatan sejumlah benda tajam di perutnya. Dokter juga memastikan semua benda asing di perut pria asal Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo itu, sudah diangkat.

Humas RSD dr Soebandi Jember, Justina Evi Tyaswati mengatakan, saat ini Hendro masih berada di ruang High Care Unit (HCU). Hendro juga dalam kondisi sadar. "Kondisinya baik, nggak apa-apa, tapi masih berada di (ruang) perawatan intensif. (Kondisinya) sadar," kata Evi kepada wartawan di rumah sakit, Jumat (14/7/2017).

Menurut Evi, Hendro diperkirakan masih di ruang HCU sekitar 2-3 hari ke depan. Setelah itu, baru akan dipindahkan ke ruang perawatan lanjutan. "Mungkin di sana butuh waktu dua hari sampai tiga hari, kemudian kita pindah ke ruang perawatan lanjutan," kata Evi.

Dia juga memastikan tim dokter telah mengangkat semua benda tajam dan benda asing lainnya dari perut Hendro. Jadi, saat ini tim dokter tinggal mengobservasi kondisi pria itu usai operasi. "Semua sudah diangkat, tinggal melihat kondisi pascaoperasi," tandas Evi.

Sementara ibunda Hendro, Siti Khadijah tampak masih was-was dengan kondisi Hendro. Pasalnya, dia belum bisa melihat langsung kondisi putranya itu usai menjalani operasi. Hendro memang tidak boleh dijenguk ketika masih berada di ruang HCU.

"Namanya orang tua ya pasti was-was, apalagi saya belum tahu dan melihat sendiri kondisinya seperti apa. Apakah sudah sadar atau belum," terang wanita yang mengaku sudah beberapa hari sulit tidur ini.

Namun dia berharap kondisi Hendro tetap baik, kendati benda-benda yang dikeluarkan dari perutnya terbilang cukup banyak. Siti KHadijah juga berharap Hendro segera bisa dipindah ke ruang perawatan biasa, sehingga bisa ditunggui. "Ya mudah-mudah segera dipindah, biar saya bisa melihat langsung kondisinya," katanya.

Salah seorang dokter yang mengoperasi Hendro, dr Samsul Huda, SpB sebelumnya menyatakan, butuh waktu sekitar 5 sampai 7 hari untuk memastikan hasil operasi tidak ada masalah. Ini berkaitan dengan kondisi usus Hendro pascaoperasi karena harus dijahit.

"Kita pantau, kita akan lakukan visite. Kita lihat lima sampai tujuh hari ke depan. Kalau tidak terjadi apa-apa ya Insya Allah baik," tandasnya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed