DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 08:45 WIB

Disebut Biaya Kuliah Mahal, Ini Penjelasan Kampus Brawijaya

Muhammad Aminudin - detikNews
Disebut Biaya Kuliah Mahal, Ini Penjelasan Kampus Brawijaya Foto: M Aminudin
Malang - Sebagai kampus favorit, Universitas Brawijaya di Malang diburu banyak peminat setiap tahun. Tapi coba dilihat dari Biaya Kuliah Tunggal (UKT), layak kah Brawijaya dikatakan kampus dengan biaya tinggi?

Mengacu pada UKT 2017, biaya kuliah di Brawijaya mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 23 juta lebih. Pembayaran UKT dibayar satu kali setiap awal semester.

"Sudah dibandingkan dengan badan layanan umum (BLU) lain, jadi kalau dibilang mahal, sepertinya tidak," ujar Humas Universitas Brawijaya Pranatalia, Kamis (13/7/2017).

Lia begitu akrab disapa mengatakan, UKT ditentukan dari besaran penghasilan orang tua dan nilai UKT tahun ini, masih sama dengan tahun lalu.

"Angkatan 2016 dengan tahun ini, masih sama. Dasarnya adalah berkas-berkas yang diminta dilengkapi ketika daftar ulang online, salah satunya adalah slip gaji atau info tentang penghasilan orang tua," jelasnya.

Wakil Rektor I Universitas Brawijaya Profesor Kusmartono menyatakan, UKT terbagi dalam 5 kategori, tergantung data yang diserahkan saat pendaftaran. Sementara besaran dana UKT tidak berubah dari tahun sebelumnya, dengan nilai terendah Rp 500 ribu

"Ada banyak hal yang dipertimbangkan dalam bidikmisi, beasiswa, dan lainnya, diantaranya nilai UN, SNMPTN/SBMPTN, dan nilai akademik. Banyak yang menyangka jalur mandiri terlihat lebih mahal, padahal UKT-nya lebih murah dari reguler. Memang bedanya cuma bayar di depan. Kalau dihitung itu hampir sama," paparnya menambahkan.

Pada tahun ini, Brawijaya juga bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta terkait camaba asal Jakarta yang menempuh kuliah di UB.

"Bagi mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), akan diganti kartunya oleh Pemprov DKI Jakarta dengan Kartu Indonesia Unggul, agar mereka mendapatkan pembiayaan sebagaimana mestinya saat berubah status menjadi mahasiswa," tuturnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed