DetikNews
Kamis 13 Juli 2017, 14:43 WIB

Ini Kata Korban Arisan Mami Gaul: Terbentuk Sejak 2016

Ardian Fanani - detikNews
Ini Kata Korban Arisan Mami Gaul: Terbentuk Sejak 2016 YR, ketua Arisan Mami Gaul (Gaun Merah)/Foto: Istimewa
Banyuwangi - Arisan Mami Gaul (AMG), dulu tak pernah dikenal oleh warga Banyuwangi. Namun arisan ini menjadi tenar, setelah terbongkar jika arisan ini merupakan modus penipuan.

YR, ketua Arisan Mami Gaul ini meraup hampitr Rp 1 Miliar dari membernya, lantas kabur. Sementara para member yang berjumlah puluhan hanya bisa gigit jari. karena uangnya raib.

Tak hanya arisan, saja yang ditawarkan YR. Wanita cantik ini juga menawarkan investasi yang menjanjikan hasil besar dalam waktu singkat.

Perkumpulan ini terbentuk pada bulan Oktober 2016. Lalu, siapa yang memberikan usul nama perkumpulan arisan tersebut dengan sebutan Mami Gaul?

"Yang memberi nama Mami Gaul itu ya YR. Kita hanya ikut arisan saja. Dan kami jarang berkumpul dengan satu grup itu," ujar Zemy Prihatiningsih, salah satu korban arisan dan investasi Bodong Mami Gaul, Kamis (13/7/2017).

Ini Kata Korban Arisan Mami Gaul: Terbentuk Sejak 2016Foto: Istimewa
Menurut Zemy, member dari AMG itu jarang berkumpul. Hanya beberapa anggota saja yang dulunya dekat dengan YR yang sering berkumpul. Dari situlah member AMG semakin banyak. Para teman dekat YR itulah yang kemudian mengajak member lain bergabung.

"Ya sebenarnya dari kita mengajak saudara dan teman yang lain. Kita tidak berpikiran buruk dengan YR. Tapi ternyata penipu," tambah Zemy.

Setelah banyak member, lanjut Zemy, sikap YR mulai berubah. Member-member AMG kemudian ditawari investasi kilat. Para member ditawari investasi uang dengan waktu singkat dan hasil separuh dari uang yang diinvestasikan.

"Baru setelah itu YR berubah. Menawarkan investasi. Nah setelah hampir ketahuan, dia berulah lagi dengan memecah belah kelompok itu. Sehingga masing-masing individu dibuat tidak saling percaya. Ini untuk menutupi aksi penipuan dia. Ya pokoknya kita diadu biar enak bohonginnya," tambahnya.

Saat ini, posisi YR dan suaminya belum diketahui. Polisi sendiri masih terus melakukan pencarian. Bahkan, untuk membantu polisi, para anggota arisan Mami Gaul ini memposting foto-foto YR ke akun Facebook.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed