DetikNews
Rabu 12 Juli 2017, 10:00 WIB

Suhu di Malang Terus Menurun Hingga Mencapai 14 Derajat Celcius

Muhammad Aminudin - detikNews
Suhu di Malang Terus Menurun Hingga Mencapai 14 Derajat Celcius Foto: Istimewa
Malang - Beberapa hari terakhir suhu udara di wilayah Malang, sangat berbeda dengan biasanya. Suhu terasa dingin, apalagi pada malam hari. Mengacu pada pengatur suhu malam hari bisa di bawah 22-21 derajat celcius di atas pukul 8 malam.

Kepala Stasiun Klimatologi Karangploso Joko Budi Utomo mengatakan, perubahan cuaca dengan menurunnya suhu udara di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu), disebabkan akan memasuki musim kemarau.

"Suhu menurun, karena akan memasuki kemarau. Di beberapa hari terakhir suhu minimum bisa mencapai 19 hingga 18 derajat celcius," kata Joko kepada detikcom, Rabu (12/7/2017).

Joko menerangkan, saat musim kemarau di wilayah Malang Raya, posisi matahari berada di belahan bumi bagian utara. Sehingga radiasi matahari di belahan bumi bagian selatan menjadi kurang pemanasannya.

"Kondisi ini menyebabkan pembentukan awan sangat minim. Pada siang hari bumi menerima panas dan melepaskan kembali panas tersebut pada malam harinya,".

"Karena tidak ada awan yang menghalangi atau menyerap panas yan dilepaskan oleh bumi maka panas tersebut lepas ke luar angkasa sehingga suhu permukaan bumi menjadi dingin," beber Joko menjelaskan.

Joko menambahkan, puncak musim kemarau terjadi pada Agustus 2017 nanti. Yang akan membawa suhu udara di Malang Raya diprediksi turun hingga mencapai 14 hingga 15 derajat celcius.

"Ini pernah terjadi, dalam catatan kami suhu minimum mencapai 14 derajat," terang dia.

Ditambahkan, intensitas hujan akan semakin berkurang menyusul semakin mendekatnya perubahan musim ini.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed