detikNews
Jumat 07 Juli 2017, 15:39 WIB

Tabrakan Truk vs Xenia di Nganjuk, Tiga Mahasiswa Tewas

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Tabrakan Truk vs Xenia di Nganjuk, Tiga Mahasiswa Tewas Kondisi truk (Foto: Istimewa)
Nganjuk - Kecelakaan terjadi antara Daihatsu Xenia vs truk bermuatan pasir di Jalan Raya Nganjuk-Surabaya tepatnya di Dusun Jali, Sukomoro, Nganjuk. Peristiwa itu menewaskan tiga penumpang Xenia. Korban luka dan tewas adalah mahasiswa Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Gontor.

"Peristiwanya tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB," ujar Kanit Laka Sat Lantas Polres Nganjuk Iptu Roni Andrean Suharto saat dihubungi detikcom, Jumat (7/7/2017).

Roni mengatakan, persitiwa itu berawal saat Xenia nopol AA 9208 TB yang ditumpangi enam orang mahasiswa Ponpes Darussalam Gontor melaju dari arah barat atau arah Nganjuk menuju ke arah timur atau Surabaya. Mereka hendak menuju ke Ponpes Gontor Kediri untuk bersilaturahmi.

Kondisi Xenia yang ringsekKondisi Xenia yang ringsek Foto: Istimewa
Enam mahasiswa semester dua itu adalah Fikri Abdullah (20), warga Jember; Andi Andrian Fitrawan (20), warga Makassar, Sulawesi Selatan; Hidayatus Sholikin, warga Makassar, Sulawesi Selatan; Fazhullah Ihza (20), warga Ponorogo; Ali AKbar (20), warga Bandung; dan Iqbal (19).

"Yang jadi sopir Fikri," kata Roni.

Kecelakaan terjadi saat Fikri mencoba menyalip kendaraan lain di depannya. Saat mencoba menyalip itulah, dari arah yang berlawanan muncul truk nopol S 8594 UU bermuatan pasir. Tanpa bisa dihindari, kedua kendaraan itu beradu moncong.

Bagian depan Xenia sebelah kanan rusak parah sehingga pengemudi Xenia terjepit. Warga pun segera mencoba mengevakuasi para korban dan membawanya ke rumah sakit.

"Tiga orang meninggal, tiga lainnya selamat," lanjut Roni.

Tiga korban tewas adalah Fikri, Andi, dan Hidayatus Sholikin. Fazhullah Ihza yang duduk di kursi belakang kiri mengalami luka robek di kepala dan wajah. Ali Akbar yang duduk di belakang kanan mengalami luka patah paha dan bahu kanan. Sementara Iqbal yang duduk di samping sopir ajaibnya hanya mengalami luka lecet di tangan saja.

"Semua korban dan kendaraan telah kami evakuasi. Kecelakaan terjadi karena kelalaian pengemudi Xenia yang mendahului kendaraan lain di marka lurus serta tidak memiliki SIM," tandas Roni.
(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed