DetikNews
Minggu 02 Juli 2017, 22:03 WIB

Arus Balik di Jembatan Suramadu Padat Hingga 2 Km

Rois Jajeli - detikNews
Arus Balik di Jembatan Suramadu Padat Hingga 2 Km Foto: Herry/Pasangmata.com
Surabaya - Arus balik dari Madura ke Surabaya melalui Tol Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) malam ini mengalami kepadatan. Bahkan, antrean untuk kendaraan roda dua dan empat hingga 2 Km.

"Arus balik pada malam ini, sejak pukul 18.00 wib terjadi peningkatan volume kendaraan roda dua maupun roda empat," kata Mujiono, Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu, Minggu (2/7/2017).

Hingga pukul 20.00 wib, antrean panjang kendaraan yang akan masuk ke Jembatan Suramadu dari sisi Madura. Bahkan, antrean sepeda motor mencapai hingga 2 Km. Padahal, untuk jalur motor, tidak dikenakan biaya alias gratis. Tarif tol Jembatan Suramadu hanya berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih.

Kata Mujiono, pihaknya sudah melakukan rekayasa agar tidak terjadi antrean panjang bagi sepeda motor. "Untuk kendaraan roda dua, kami urai dengan membuka dua gate (pintu masuk) mobil untuk kendaraan roda dua," ujarnya.

Pembukaan gate mobil untuk sepeda motor itu berlangsung sekitar 10 menit, usai magrib. "Kami buka hanya 10 menit dan antrean sepeda motor langsung terurai. Setelah itu, kami fungsikan kembali untuk kendaraan roda empat," tuturnya.

Hingga pukul 20.15 wib, antrean mobil yang akan melintas di Jembatan Suramadu masih mencapai 2 kilometer.

"Diperkirakan, malam ini adalah puncak arus balik dari Madura ke arah Surabaya," jelasnya.

Ia menerangkan, pada shift pertama mulai pukul 06.00 wib hingga 14.00 wib, jumlah sepeda motor yang melintas di Suramadu sebanyak 12 ribu unit. Sedangkan kendaraan roda empat mencapai 6 ribu unit.

Sedangkan pada shift kedua, selepas dari pukul 14.00 wib, hingga malam ini diperkirakan mencapai 25 ribu unit sepeda motor. Dan roda empat mencapai 9 ribu unit.

"Kita prediksikan jumlah tersebut terhitung dari shift kedua mulai dari pukul 14.00 sampai malam nanti," tandasnya.


(roi/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed