Pengamanan di Mapolrestabes Surabaya 1 Juli Super Ketat, Mengapa?

Budi Sugiharto - detikNews
Jumat, 30 Jun 2017 21:00 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Pengamanan open house Hari Bhayangkara ke 71 di Markas Polrestabes Surabaya yang digelar Sabtu (1/7/2017) dilakukan secara ketat. Polisi melakukan penjagaan ketat untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang berkunjung.

Pintu security door akan dipasang di gerbang mapolrestabes. Petugas akan memeriksa menggunakan metal detector. Tas atau bawaan pengunjung akan diperiksa secara cermat untuk mengantisipasi penyusupan yang mengganggi jalannya open house.

"Pengamanan dilakukan secara super. Mohon dimaklumi, kita ingin memberikan kenyamanan dan ketentraman pengunjung open house," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga kepada detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (30/6/2017) malam.

Selain pemeriksaan pengunjung di gerbang, pasukan Brimob dan Sabhara bersenjata lengkap disebar di sekeliling mapolrestabes.

"Pengamanan tertutup melibatkan reserse, intel hingga satuan narkoba diterjunkan," kata Shinto.

Open house yang pertama kali digelar ini juga untuk mengenalkan museum hidup di gedung utama mapolrestabes yang sudah direstorasi seperti tempo dulu.

"Sekaligus mengenalkan museum hidup dan mapolres yang bangunan dalamnya sudah direstorasi menjadi jaman tempo dulu," jelas Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal kepada detikcom.

Peringatan ulang tahun Bhayangkara akan diawali malam ini di Monumen Polri, Jl Raya Darmo. Anggota Polrestabes Surabaya tepat Pk 23.00 Wib akan renungan malam di tempat itu.

Open House di Mapolrestabes Surabaya akan dibuka pada Pk 09.00 Wib dan berakhir Pk 14.00 Wib. Masyarakat umum bisa leluasa melihat museum hidup di gedung utama Polrestabes surabaya yang penuh peralatan dan benda-benda Polri di masa lalu.

Aneka properti seperti peralatan Inafis hingga kendaraan patroli dan pengendalian massa juga akan dipamerkan dalam mini police show. Di lokasi open house, juga disediakan papan harapan. Warga bisa menuliskan pesan dan harapannya untuk Polri.,

"Bagi yang suka foto-foto juga kita siapkan booth khusus selfie. Open house yang pertama ini akan kita keluarkan semua potensi polres," kata M Iqbal yang didampingi asat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Adewira Siregar.

Dalam open house ini juga digelar kompetisi fotografi online melalui instagram. Lomba foto sehari itu, Polrestabes Surabaya menggandeng komunitas Love Suroboyo dan Komunitas Bicara Surabaya. Warga bisa mengajak polisi berfoto ria.

"Silahkan datang beramai-ramai, jeprat jepret, ikuti lombanya dan kita nikmati hidangan spesial yang sudah kita persiapkan khusus menjamu warga Surabaya," kata M Iqbal. (ugik/ugik)