DetikNews
Jumat 23 Juni 2017, 14:59 WIB

Rest Area di Singosari Dilengkapi Karaoke dan Tempat Bermain Anak

Muhammad Aminudin - detikNews
Rest Area di Singosari Dilengkapi Karaoke dan Tempat Bermain Anak Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pemudik yang melintas di Singosari-Malang, sebaiknya mampir di Posko Operasi Ramadniya Semeru 2017 milik Polres Malang untuk istirajat. Pos Pelayanan Satlantas Polres Malang, yang menggunakan area jembatan timbang, Singosari, ini dilengkapi ruang karaoke, tempat bermain anak, kesehatan serta rest room bagi pengendara.

Posko yang memiliki area parkir luas dan tempat istirahat ini berdiri beberapa tenda. Di antaranya tenda Batalyon Arteleri Medan (Yon Armed), Brimob, Dinas Perhubungan, serta Senkom.

"Pos layanan ini, adalah pos jembatan timbang yang lagi off, lahannya luas untuk parkir, kami juga sediakan rest room, playground, sampai karaoke. Harapan kami, pengendara bisa meluangkan waktunya untuk istirahat," kata Kepala Bagian Operasi Satlantas Polres Malang Iptu Edi Purnama, Jumat (23/6/2017).
Rest Area Singosari-MalangRest Area Singosari-Malang Foto: Muhammad Aminudin

Edi menyebut sinergitas, Polri, TNI, instansi terkait, komunitas dan masyarakat, tidak lain ingin menciptakan situasi aman selama Lebaran. "Kita semua bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Edi.

Selain itu, jelas Edi, fasilitas tambal ban gratis turut disediakan. Meski terlihat remeh, namun tambal ban, sangat penting saat berkendara. "Apalagi jarak jauh," sambung Edi.

Sementara H-2 mudik 2017, arus lalu lintas dari Surabaya-Malang dan sebaliknya, ramai lancar. Kendaraan roda empat masih mendominasi jumlah tertinggi kendaraan yang melintas.
Rest Area Singosari-MalangRest Area Singosari-Malang Foto: Muhammad Aminudin

Pantauan detikcom, mulai Fly Over Lawang, Jalan Wahidin (Depan Pasar Lawang) hingga Pertigaan Karanglo, belum terjadi kepadatan arus lalu lintas. Arus sedikit tidak lancar, saat melintas di titik putar balik, arah Surabaya-Malang atau sebaliknya.

Kondisi serupa juga terjadi depan Pasar Lawang dan Singosari. Banyak angkutan umum dan mobil pribadi berhenti di badan jalan. Dari catatan terakhir, kendaraan dari arah Surabaya-Malang, untuk roda sebanyak 4.780 unit, roda empat sebanyak 4.075 unit, bus 21 unit, dan truk sembako 12 kendaraan melintas.

Dari arah sebaliknya Malang-Surabaya, jumlah kendaraan roda dua yang melintas sebanyak 4.916 unit, roda empat sebanhak 3.891 unit, bus sebanyak 26 unit, serta truk sebanyak 7 unit.
Rest Area Singosari-MalangRest Area Singosari-Malang Foto: Muhammad Aminudin

Beberapa skenario memecah kepadatan arus lintas telah disiapkan. Di antaranya jalur alterntif serta menutup titik putar balik.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed