DetikNews
Rabu 21 Juni 2017, 15:29 WIB

Mahasiswa Unair Ubah Kulit Semangka jadi Masker Wajah

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Mahasiswa Unair Ubah Kulit Semangka jadi Masker Wajah Foto: Istimewa
Surabaya - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga melakukan inovasi dengan menyulap kulit semangka menjadi masker wajah antioksidan yang alami. Produksi pertama dalam pengenalan pasar, sudah terjual 140 kemasan dengan harga sangat terjangkap, Rp 6 ribu per kemasan.

"Dua manfaat sekaligus kami hadirkan. Pertama mengatasi permasalahan limbah, dan kedua menjadikan limbah tersebut menjadi produk bermanfaat dan punya nilai plus," kata Amelya Mustika P, Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) FF UNAIR dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (21/6/2017).

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi kaum perempuan pada umumnya adalah permasalahan kulit wajah. Mengapa? Karena kaum hawa ini, terutama yang aktif, umumnya memiliki banyak aktivitas di luar rumah/kampus. Paparan sinar ultraviolet dan polusi menyebabkan pembentukan radikal bebas meningkat dan memicu kerusakan pada kulit, mulai kulit wajah menjadi kusam, kasar, dan timbulnya noda hitam. Keadaan demikian menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dan rasa kurang nyaman.

Pada sisi yang lain, limbah juga merupakan permasalahan yang tiada habisnya, mulai dari limbah organik maupun anorganik. Adanya limbah tentu sangat mengganggu masyarakat, maka diperlukan suatu upaya untuk mengolah limbah tersebut. Salah satunya mengolah limbah menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan mempunyai nilai jual.

Berangkat dari permasalahan tersebut, tim PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga yang beranggotakan Amelya Mustika P (2015), Septiani (2015), Theresa Binayu P (2015), M. Dzul Azmi A.A (2015) dan Galuh Ratri (2014) mengombinasikan suatu produk yang selain dapat mengatasi permasalahan pada kulit wajah, juga membantu mengurangi limbah.

Produk inovasi bernama "Watermelon Beauty Face Mask" ini telah lolos bantuan dana pengembangan dari Dirjen Dikti, Kemenristekdikti RI 2017.

"Watermelon Beauty Face Mask" merupakan masker wajah yang berasal dari limbah kulit putih semangka. Kulit putih semangka memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta mencerahkan kulit wajah. Menurut sebuah jurnal, kulit putih
semangka kaya akan vitamin, mineral, enzim, dan klorofil. Vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin C. Kandungan vitamin E, vitamin C.

"Protein yang cukup banyak pada kulit putih buah semangka dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, rambut, dan membuat rambut tampak berkilau. Sedangkan sitrulin, betakaroten dan likopen yang terdapat pada kulit putih buah semangka dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan," kata Amelya mengutip sebuah jurnal yang ditulis Rochmatika dkk (2012).

"Sehingga kita tak perlu khawatir lagi untuk beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, Watermelon Beauty Face Mask juga memiliki aroma yang menenangkan, sehingga sangat cocok untuk digunakan usai melakukan aktivitas sehari-hari," tambah Amelya.

Menariknya lagi, "Watermelon Beauty Face Mask" ini begitu diperkenalkan ke masyarakat, hingga kini sudah terjual 140 kemasan pada produksi pertama. Tim menjual dengan harga Rp 6.000 per kemasan dinilai sangat terjangkau bila dibandingkan dengan manfaat yang dimiliki masker buatan mahasiswa Farmasi UNAIR ini.

Guna memenuhi permintaan konsumen yang sudah mengenalnya, Watermelon Beauty Face Mask juga hadir dengan tiga varian, yang dibuat berdasarkan jenis kulit, yaitu untuk kulit kering, kulit normal, dan kulit berminyak.

Tim berharap dengan penggunaan Watermelon Beauty Face Mask ini dapat melembabkan kulit yang kering pada penggunanya, juga mengurangi sebum bagi kulit yang berminyak, dan menjaga kelembaban untuk kulit normal.

"Tunggu apa lagi, segera pesan Watermelon Beauty Face Mask dan dapatkan kulit wajah Anda yang lebih sehat," kata Amelya berpromosi.
(iwd/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed