DetikNews
Jumat 16 Juni 2017, 15:26 WIB

Sopir Angkutan Lebaran di Blitar Dites Kesehatan dan Urine

Erliana Riady - detikNews
Sopir Angkutan Lebaran di Blitar Dites Kesehatan dan Urine Foto: Erliana Riady
Blitar - Petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota, BNNK Blitar, dan Kemenhub menggelar tes urine dan tes kesehatan bagi para awak bus di Terminal Patria, Jumat (16/6/2017).

Tes kesehatan dan tes urine bagi awak bus ini sebagai bentuk antisipasi menekan kecelakaan menjelang angkutan Lebaran 2017.

Para awak bus dicek kesehatannya, mulai tensi, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, mereka juga diminta mengikuti tes urine. Dari hasil pemeriksaan sementara, rata-rata tensi dan kolesterol para awak bus lumayan tinggi.

"Ada 30-an sopir dan awak bus yang kami periksa kesehatannya. Rata-rata kolesterol dan tensi darah mereka tinggi. Kalau hasil tes urine sejauh ini masih negatif," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Rizky Triputra.

Menurut Rizky, para sopir yang memiliki tensi dan kolesterol tinggi berbahaya saat mengemudikan kendaraan. Banyak kasus kecelakaan angkutan umum yang faktor penyebabnya kesehatan sopir bermasalah.

"Kalau tensinya tinggi, mereka bisa pusing sewaktu-waktu. Itu berbahaya kalau pas mengemudi, bisa menyebabkan kecelakaan," ujarnya.

Seorang sopir Bus Bagong, Slamet, mengatakan sudah mengikuti cek kesehatan dan tes urine. Dari hasil cek kesehatan, tensi darahnya cenderung normal 120. Tetapi, ia mengalami obesitas dari hasil cek kesehatan. Berat badannya 80 kilogram tidak seimbang dengan tingginya yang hanya 165 sentimeter.

"Tadi disuruh diet untuk menurunkan berat badan," kata warga Selorejo, Kabupaten Blitar itu.

Tes kesehatan semacam ini akan secara kontinyu dilaksanakan di beberapa terminal baik di kota atau kab Blitar, jelang hingga pasca Lebaran. Upaya ini dilakukan untuk mengeliminir angka kecelakaan lalu lintas bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi umum, terutama yang melalui jalur darat.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed