DetikNews
Selasa 30 Mei 2017, 18:02 WIB

Pemkab Banyuwangi Beri Pelatihan Kewirausahaan di Jalur Wisata

Ardian Fanani - detikNews
Pemkab Banyuwangi Beri Pelatihan Kewirausahaan di Jalur Wisata Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pengusaha muda. Mereka diajak lebih maksimal menata usaha dan bisnis menuju dan sekitar tempat wisata.

Pelatihan ini diberika ke pengusaha muda yang tinggal di Kecamatan Pesanggaran, karena memiliki banyak destinasi wisata. Antara lain, Pantai Pulau Merah, Wedi Ireng dan Teluk Ijo.

Pelatihan ini diberikan Pemkab Banyuwangi bersama PT Bumi Suksesindo (PT BSI) selaku pengelola tambang emas Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

"Banyak peluang usaha bagi masyarakat Pesanggaran sebagai jalan atau pintu masuk ke destinasi wisata," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi, Alief R Kartiono, saat menjadi pembicara pelatihan usaha yang bertajuk 'Jalur Sukses Lewat Jalur Bisnis', Selasa (30/5/2017).

Diakui Alief, untuk di Banyuwangi, usaha yang paling menarik untuk dikembangkan adalah usaha kuliner. Tak hanya itu, oleh-oleh dan homestay menuju tempat wisata juga sangat menarik dikembangkan. Namun semuanya harus dikemas dengan baik dan semenarik mungkin.

"Semuanya harus dikemas dengan baik. Seperti kuliner ayam pedas, ya penyajian kalau bisa standart hotel. Bingkisan Oleh-oleh juga harus baik, termasuk homestay juga yang asri," tambahnya.

Untuk itu, Alief mengajak seluruh wirausaha muda untuk lebih memaksimalkan seluruh peluang dan potensi yang dimiliki. Termasuk berbagai sarana yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah setempat. Seperti Banyuwangi Mall, rumah pamer dan lainnya.

"Sekarang kan era internet, penjualan di Banyuwangi Mall itu paling diminati dan bisa menjangkau pasar nasional," ucapnya.

Corporate Communication Manager PT BSI, Teuku Mufizar Mahmud menjelaskan, kegiatan kali ini adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dibidang pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan.

"Dan sengaja kita lakukan karena melihat potensi Pesanggaran serta semangat pemudanya dalam membuka peluang bisnis," ucapnya.

Pasca kegiatan, diharapkan para peserta bisa membentuk kelompok-kelompok usaha baru. Dan tentunya, langkah tersebut juga akan mendorong peluang pasar dan jaringan usaha baru. Terlebih para peserta memang sudah lama menggeluti dunia enterprenuer. Mulai produk teh, ikan asap, hasil pertanian, pariwisata dan lainnya.

"Kita akan mendorong wirusaha muda Pesanggaran untuk terus membuat peluang dan semakin berdaya dengan membentuk koperasi yang bisa menunjang produktivitas dan pemasaran," pungkas Mufizar.

Selain pelatihan kewirausahaan, CSR PT BSI banyak digelontorkan untuk pemberdayaan masyarakat Kecamatan Pesanggaran. Khususnya wilayah ring 1 tambang emas Gunung Tumpang Pitu.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed