DetikNews
Rabu 24 Mei 2017, 11:25 WIB

Korban Lumpur Lapindo Peringati 11 Tahun Semburan di Titik 21

Suparno - detikNews
Korban Lumpur Lapindo Peringati 11 Tahun Semburan di Titik 21 Foto: Suparno
Sidoarjo - 11 Tahun silam semburan lumpur Lapindo menenggelamkan ribuan rumah dan belasan desa di tiga Kecamatan Porong, Tanggulangin dan Jabon Sidoarjo. Tentu saja peristiwa itu tidak akan terlupakan warga korban lumpur Lapindo.

Hari ini, Rabu (24/05/2017) warga korban lumpur Lapindo memperingati semburan lumpur dengan cara doa bersama dengan membawa 11 tumpeng. Mereka melakukan tabur bunga di titik 21 Desa Siring Kecamatan Porong, Sidoarjo.

"Hari ini kami melakukan doa bersama dan tabur bunga untuk memperingati 11 tahun semburan lumpur Lapindo," kata KH. Abdul Fatah (53), korlap aksi di atas tanggul penahan lumpur titik 21 Siring.
Foto: Suparno

Abdul Fatah menuturkan, bencana semburan lumpur Lapindo ini sangat merugikan masyarakat. "Tapi kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo karena telah membantu menyelesaikan persoalan ganti rugi warga korban lumpur Lapindo, khususnya yang berada di dalam areal peta terdampak," tambahnya.

Dia menerangkan, persoalan proses ganti rugi khususnya yang berada di dalam areal peta terdampak menyisakan persoalan. Ada beberapa berkas yang belum terbayar yang nominalnya sekitar Rp 54 miliar. Nanum kekurangan dana tersebut sudah diberikan dana talangan oleh pemerintah, hanya saja sampai saat ini belum sampai ke korban lumpur.

"Kami mengetahui bahwa dana talangan dari pemerintah sudah ada, tapi dana tersebut sampai saat ini belum tersampai ke kami korban lumpur. Kami mengharapkan secepatnya atau sebelum lebaran sudah cair," tegas Abdul Fatah.
Foto: Suparno

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed