DetikNews
Rabu 03 Mei 2017, 11:38 WIB

Pengaktifan Token Terlambat, UNBK di Lamongan Terlambat 30 Menit

Eko Sudjarwo - detikNews
Pengaktifan Token Terlambat, UNBK di Lamongan Terlambat 30 Menit Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Hari kedua ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP di Lamongan sempat terlambat. Ini dikarenakan pengaktifan token terlambat kurang lebih 30 menit.

Keterlambatan pelaksanaan UNBK ini terpantau di SMPN 3 Lamongan. Kepala Sekolah SMPN 3 Lamongan, Hanafi A.Thalib mengakui hal itu. Seharusnya UNBK dimulai pukul 07.30 WIB, namun karena terlambatan UNBK baru bisa digelar pukul 08.00 WIB.

"Hari ini memang ada keterlambatan lebih kurang setengah jam karena pengaktifan tokennya terlambat," kata Hanafi, Rabu (3/5/2017).

Hanafi mengatakan, mata pelajaran yang diujikan hari ini saat pengaktifan token terlambat adalah matematika. 296 Siswa yang mengikuti UNBK dibagi 3 sesi terpaksa harus menunggu.
Namun rupanya, keterlambatan ini terjadi hampir di semua sekolah yang menggelar UNBK. Hanafi juga mengakui keterlambatan pelaksanaan UNBK ini juga sempat membuat para siswa sempat panik. "Kalau yang hari pertama kemarin lancar," tuturnya.

Sementara, di sekolah yang menggelar ujian nasional berbasis kertas, para siswa memanfaatkan waktu luang dengan belajar dan membaca kembali pelajaran yang akan diujikan. Hal ini seperti yang dilakukan siswa MTs Sunan Drajat, Desa Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah.

Mereka memanfaatkan waktu sebelum waktu ujian di mulai dengan belajar bersama dan membaca mata pelajaran yang akan diujikan. Ujian berbasis kertas di sekolah ini, pelaksanaannya dimulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. "Anak-anak yang datang lebih awal memanfaatkan waktu dengan membaca baca buku dan beberapa catatan tentang mata pelajaran yang diujikan hari ini," katanya.

Data di Dinas Pendidikan Lamongan, jumlah total peserta UN tingkat SMP sederajat di Lamongan mencapai 19.366 siswa. Dengan rincian 154 lembaga SMP dan MTs 177 lembaga. Di samping UNBK, tahun ini ada 109 lembaga SMP dan 166 lembaga MTs yang menjalani Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP). Rinciannya, ada 5.885 siswa SMP, dan 6.567 siswa MTs yang mengikuti UNBKP.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed