Pelajar Berprestasi

Kado Manis di Hardiknas, Pelajar Lamongan Raih Perak di Rumania

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 02 Mei 2017 14:58 WIB
Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Dua pelajar SMAN 1 Lamongan mewakili Indonesia mendapat medali perak di ajang International Science Project Olympiad (ISPO) di Rumania, berkat aplikasi berbasis Android untuk mendeteksi tempat sampah. Prestasi ini sebagai kado di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim di Lamongan, Sun'ah mengaku dua pelajar berprestasi itu Muhammad Luthfi dan Shylvia Cholifatus Sholihah. "Kami baru mendapatkan kabar tadi malam dan ini adalah kado terindah untuk Hari pendidikan Nasional," kata Sun'ah kepada wartawan di Alun-Alun Lamongan usai upacara hardiknas, Selasa (2/5/2017).

Sun'ah mengaku 2 pelajar SMAN 1 Lamongan ini sebelumnya telah meraih medali emas di ajang ISPO tingkat nasional. Sebelum berangkat ke Rumania, terang Sun'ah, 2 pelajar ini juga sudah meminta doa restu kepada bupati Lamongan dan Kepala Dinas Pendidikan propinsi Jatim.

"Mereka membuat aplikasi berbasis android yang bisa dimanfaatkan untuk mempertebal perilaku hidup bersih dan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah cara berperilaku hidup bersih," terangnya.

Salah satu dari 2 pelajar ini, M Lutfi mengaku aplikasi ini bermula dari keinginan selalu menerapkan perilaku hidup bersih. Mereka membuat aplikasi software di android untuk melacak lokasi tempat sampah dan mendeteksi tempat sampah sudah penuh atau yang masih kosong.

Lutfi menjelaskan, dengan menggunakan aplikasi itu, maka para siswa-siswi tak perlu lagi merasa susah untuk mencari tempat sampah. Menurutnya, di tempat sampah yang telah dilengkapi sensor dan peralatan ini akan mempermudah untuk membuang sampah.

"Untuk membuat aplikasi ini, hanya bermodalkan beberapa peralatan saja diantaranya adalah tempat sampah, sensor ultrasonic HCSR04, adreno uno, modem wifi, dan powerbank," terangnya.

Sementara Bupati Lamongan, Fadeli juga mengaku bangga karena pelajar Lamongan telah berhasil mengharumkan di tingkat nasional dan internasional. Untuk menunjukkan kebanggaan tersebut, Fadeli bahkan menghadiahkan penghargaan kepada 2 pelajar berprestasi ini. "Kami bangga dan memberi apresiasi tinggi karena pelajar Lamongan bisa mengharumkan nama bangsa di ajang tingkat internasional," kata Fadeli. (fat/fat)