May Day, Buruh Kabupaten Pasuruan Diajak Ngaji Bareng Cak Nun

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 01 Mei 2017 19:07 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kabupaten Pasuruan dipusatkan di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan. Dalam peringatan tersebut, pemerintah setempat mengundang 50 ribu buruh dari 12 serikat pekerja yang ada di Kabupaten Pasuruan.

"Kami juga mengundang Cak Nun dan Kiai Kanjeng. Acaranya puncaknya Buruh Ngaji Bareng Cak Nun (Emha Ainun Nadjib)," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pasuruan Yoyok Heri Sucipto, Senin (1/5/2017).

Yoyok mengatakan, pihaknya mengundang sekitar 50 ribu buruh. Undangan tersebut berupa kupon undian umroh dan motor. Peringatan Maya Day di taman budaya milik Pemprov Jatim ini dimulai pukul 19.00 WIB.

"Kami sudah sebar 50. Ribu undangan. Hadiah utamanya umroh dan motor," katanya. Selain itu, akan ada penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara 12 serikat buruh dan Bupati Pasuruan serta Kapolres Pasuruan.

"MoU tersebut berisi kesiapan para buruh untuk perang melawan narkoba dan tertib lalu-lintas," jelasnya.

Selain acara ini, sejumlah kelompok buruh melakukan aksi berbeda. Serikat Buruh Seluruh Indonesia Logam Mesin dan Elektronik (SBSI Lomenik ) Kabupaten Pasuruan berziarah ke makam Marsinah di Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk dan makam Gus Dur di Jombang.

Serikat Buruh SP RTMM SPSI (Serikat Pekerja Rokok, Tembakau Makanan dan Minuman SPSI) Kabupaten Pasuruan bergerak menuju GOR Delta Sidoarjo untuk melaksanakan Apel Akbar.

Buruh yang tergabung dalam FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) melaksanakan unjukrasa ke Surabaya. Sedangkan Sarbumusi menggelar istighosah di Alun-alun Bangil.

(ugik/ugik)