DetikNews
Minggu 30 April 2017, 23:30 WIB

Batik Warna Alam Trenggalek Laris Manis di Pameran Inacraft 2017

Adhar Muttaqin - detikNews
Batik Warna Alam Trenggalek Laris Manis di Pameran Inacraft 2017 Foto: Dok Humas Pemkab Trenggalek
Trenggalek - Stand batik khas Trenggalek kebanjiran pengunjung saat acara pameran Inacraft 2017 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 26 sampai dengan 30 April.

Meskipun baru pertama kali tampil dalam ajang Inacraft, batik Trenggalek mampu menjadi daya tarik tersediri dari para pengunjung. Pengunjung rata-rata tertarik dan penasaran dengan batik warna alam yang dibuat dari bahan-bahan alami non kimia.

"Awalnya memang banyak yang penasaran dengan banner yang terpasang di depan stand dengan gambar Pak Bupati dan Ibu Arumi Bachsin, dari situlah kemudian mereka justru tertarik batik kita," kata Kabag Protokol dan Rumah Tangga Pemkab Trenggalek, Triadi Atmono, Minggu (30/4/2017).

Menurutnya, salah satu pemikat dari batik asli kota kripik tempe tersebut adalah warnanya yang klasik dan elegan. Bahkan beberapa pecinta kain tradisional menilai batik warna alam merupakan salah satu karya premium.

Salah seorang pengunjung, Wida Wahyu mengaku kagum dengan keunikan dari batik tulis tradisional dari kota yang dipimpin Emil Dardak, karena selain klasik detail lukisan dan pewarnaanya cukup sempurna.

"Batik warna alam Trenggalek ternyata sangat bagus, bisa dilihat dari detail pewarnaan dan motif klasik yang justru kembali ngetrend saat ini", ujarnya.

Menurutnya, kekhasan warna alam jarang ditemui pada batik-batik di daerah lain. Selain itu harga batik yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sehingga tidak terlalu menguras kantong.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Disperinnaker Kabupaten Trenggalek, Heru menjelaskan, batik warna alam Trenggalek baru saja menjadi juara nasional untuk kerajinan Dekranas.

"Bahkan batik warna alam Trenggalek juga terpilih untuk diperagakan grand finalist Miss Mundo (Miss World) Kolombia di hari persahabatan Indonesia-Kolombia belum lama ini," katanya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed