DetikNews
Kamis 27 April 2017, 16:39 WIB

Dua Hari Terombang-ambing di Laut, Nelayan Situbondo Dehidrasi

Ghazali Dasuqi - detikNews
Dua Hari Terombang-ambing di Laut, Nelayan Situbondo Dehidrasi Foto: Ghazali Dasuqi
Sidoarjo - Setelah dua hari dinyatakan hilang di tengah laut, Taufik Hidayat, ditemukan selamat. Nelayan 30 tahun itu terombang-ambing bersama perahunya, di perairan selatan Pulau Gili Raja, atau sekitar 27 mil dari Pelabuhan Kalbut Situbondo.

Taufik ditemukan nelayan lain bernama Pak Mis (40), dengan kondisi cukup lemas karena mengalami dehidrasi. Begitu ditemukan, korban langsung dievakuasi ke atas perahu milik Pak Mis. Selain mengevakuasi korban, nelayan asal Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, itu juga berhasil menarik perahu milik korban hingga ke Pelabuhan Kalbut.

"Korban ditemukan nelayan bernama Pak Mis, yang ternyata masih kerabat korban sendiri dan memang membantu melakukan pencarian. Tadi begitu tiba di darat, korban langsung dibawa ke Puskesmas terdekat karena mengalami dehidrasi. Sebab selama di laut korban tidak bawa bekal," kata Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Kamis (27/4/2017).

Keterangan detikcom menyebutkan, sebelum dinyatakan hilang, Taufik pamit pergi memancing sekitar pukul 19.30 Wib Selasa (25/4) lalu. Dia menjalankan aktivitas kesehariannya sendirian, menggunakan perahu kecil jenis pakisan. Taufik diduga mencari ikan ke tengah perairan laut Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran.

Biasanya, korban sudah tiba di rumahnya lagi sekitar antara pukul 10.00-12.00 Wib, pada keesokan harinya. Namun, ditunggu-tunggu hingga siang hari Taufik tidak kunjung pulang. Keluarga pun mulai resah, hingga langsung melakukan upaya pencarian. Mereka melakukan penyisiran ke tengah laut, tempat korban biasa memancing ikan. Namun hingga Rabu (26/4) petang, pencarian tidak kunjung membuahkan hasil.

Taufik sendiri tidak bisa pulang, karena mesin perahunya tiba-tiba mati di tengah laut. Karuan saja, sejak saat itu dia hanya bertahan di atas perahunya yang terus berjalan mengikuti arah angin. Korban konon berusaha mempertahankan perahunya yang terombang-ambing di tengah laut, agar tidak sampai terbalik.

Dibantu oleh nelayan setempat, tim SAR gabungan dari Satpolair, BPBD Situbondo, Basarnas Pos Jember, Tagana Dinsos, dan pihak terkait lainnya, pun bergegas melakukan pencarian.

"Korban tadi ditemukan sekitar pukul 10.00 Wib di selatan perairan Gili Raje Madura. Korban dan perahunya langsung ditarik ke Pelabuhan Kalbut dan tiba pukul 13.30 Wib," papar Puriyono.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed