Seorang Qari Meninggal Saat Bacakan Al Quran di Rumah Mensos

Zaenal Effendi - detikNews
Senin, 24 Apr 2017 18:05 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Ustad Ja'far Abdurrahman meninggal dunia saat membaca Al Quran di kediaman pribadi Menteri Sosial di Kawasan Jemursari Surabaya. Almarhum yang seorang qari itu mengisi acara peringatan haul almarhumin keluarga besar Khofifah Indar Parawansa.

Meninggalnya ustad Ja'far saat membaca Al Quran di atas panggung membuat peserta haul terkejut. Almarhum ustad Ja'far memulai membaca penggalan surat Al Mulk usai dipersilahkan pembawa acara untuk memulai acara.

"Memasuki ayat ketiga suara ustad Ja'far makin jauh karena mikrofon yang semula menempel di bibir makin jauh hingga terjatuh dari tangan almarhum, kemudian kepala tertunduk dan tidak berselang lama badannya jatuh ke samping kanan," kata Rofik Kurdi Ismail, salah satu panitia haul keluarga besar Khofifah Indar Parawansah yang digabung dengan HUT ke 71 Muslimat NU dan Haul Syekh Abdul Qodir Jailani, Senin (24/4/2017).

Kondisi almarhum ustad yang jatuh di atas panggung membuat peserta yang awalnya khusyuk menikmati suara merdu alunan ayat suci yang dibawakan almarhum mendadak riuh.

"Beberapa panitia langsung naik ke atas pangung dan membawanya ke RS Islam Jemursari yang berjarak sekitar 400 meter," imbuh Rofiq.

Selang satu jam kemudian, panitia mengumumkan Ustad Ja'far dinyatakan meninggal dunia oleh dokter rumah sakit. (ze/bdh)