DetikNews
Sabtu 22 April 2017, 20:59 WIB

Longsor Telah Dibersihkan, Long Weekend ke Gunung Bromo Lancar

M. Rofiq - detikNews
Longsor Telah Dibersihkan, Long Weekend ke Gunung Bromo Lancar Longsor yang menutupi akses jalan ke Gunung Bromo telah dibersihkan (Foto: M. Rofiq)
Probolinggo - Longsor yang terjadi di Desa Jurang Jontro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, yang menutupi akses jalan ke wisata Gunung Bromo, telah dibersihkan. kabar gembira bagi yang ingin menghabiskan long weekend ke Gunung Bromo.

Pembersihan longsor cepat selesai karena pengerahan alat berat. Pembersihan material longsor oleh pihak pemerintah setempat sengaja memakai alat berat, karena jalur yang tertimbun tanah itu merupakan akses jalur utama.

Pembersihan material longsor membuthkan waktu 12 jam, sejak pukul 07: 30 hingga pukul 18:00 WIB, setelah didatangkan satu alat berat milik Dinas Cipta Karya Pemerintah Kabupaten Probolinggo dibantu warga Suku Tenger.

"Kami memang mempercepat proses pembersihan dengan menggunakan alat berat, agar wisatawan tidak terhambat untuk menuju puncak Bromo saat berlibur bersama keluarga," jelas Yulius Crhustian, Camat Sukapura, ketika dikonfirmasi, Sabtu (22/4/2017).

Yulius menjelaskan, sebelum dibersihkan menggunakan alat berat, pembersihan dilakukan secara manual oleh warga dan dinas terkait menggunakan alat seadanya. Pembersihan dilakukan secara manual demi membuka sedikit jalan agar bisa dilewati meski secara buka tutup.

Longsor sendiri terjadi akibat diguyur hujan deras pada Jumat (21/4/2017) malam hingga Sabtu dini hari. Tebing setinggi 10 meter itu longsor menutupi jalan, dengan ketinggian 2 meter. Tidak ada korban atas peristiwa ini.

Saat ini pengunjung Gunung Bromo dengan leluasa melintas di jalur utama menuju Bromo, di saat liburan long weekend sejak Sabtu hingga Senin besok.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed