DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 20:08 WIB

Ini Penilaian Gus Ipul Tentang Film Kartini

Rois Jajeli - detikNews
Ini Penilaian Gus Ipul Tentang Film Kartini Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menyempatkan menonton film Kartini bersama awak media serta beberapa asisten dan kepala dinas di lingkungan Pemprov Jatim. Wagub mencatat ada nilai perjuangan Kartini yang memberikan dampak positif bagi kaum perempuan Indonesia.

"Kartini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi bangsa, karena menjadi pelopor-pelopor untuk kemajuan kaum perempuan di Indonesia," kata Wakil Gubernur Saifullah Yusuf usai nobar di Ciputra World XXI Premier Surabaya, Jumat (21/4/2017).

Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul menerangkan, perjuangan Kartini muda semasa hidupnya mampu memberikan empat dampak positif bagi perempuan masa kini. Pertama, Perempuan mendapatkan hak yang sama dalam memperoleh pendidikan dan kesehatan.

"Ini yang menjadikan inti dari perjuangan Kartini untuk membebaskan perempuan dari kebodohan. Sekarang banyak perempuan-perempuan berprestasi yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," tuturnya.

Manfaat kedua yakni, perempuan memiliki hak yang sama dalam bidang politik dan ekonomi. Bahkan, hak berpolitik perempuan saat ini telah diatur dalam undang-undang. Ketiga, perempuan bisa mengendalikan kegiatan domestik atau urusan rumah tangganya. Keempat, pembangunan merata juga bisa dirasakan bagi laki-laki.

"Kondisi ini dirasakan kaum perempuan. Jika perempuan makin berdaya, maka pembangunan akan lebih cepat tercapai," terangnya.

Gus Ipul menambahkan, tantangan ke depan yang dihadapi perempuan yang sukses dan maju adalah, bagaimana tetap setia pada keluarganya.

"Ini penting dilakukan kenapa, meskipun Kartini sukses mengembangkan wawasannya, tapi tetap menomorsatukan keluarganya. Apalagi, sesukses atau sehebat apapun, perempuan masih tergantung pada suaminya," jelasnya.

Disinggung mengenai perfilman Indonesia yang akhir-akhir ini sering mengangkat nilai-nilai sejarah dan perjuangan para pejuang Indonesia, seperti film Kartini. Menurut Gus Ipul, sutradara, penulis maupun aktornya dalam memerankan film tersebut bagus dan profesional.

"Film ini (Kartini), sangat menginspirasi banyak pihak, baik untuk kaum perempuan maupun laki-laki," jelasnya.
(roi/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed