DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 19:46 WIB

Hari Kartini, Ibu-ibu PKK di Pasuruan Diajari Manfaatkan Sampah

Muhajir Arifin - detikNews
Hari Kartini, Ibu-ibu PKK di Pasuruan Diajari Manfaatkan Sampah Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Peringatan Hari Kartini bisa dilakukan dalam berbagai cara dan bentuk kegiatan. Namun semangat emansipasi yang merupakan esensi dari peringatan hari lahir pahlawan nasional RA Kartini itu harus tetap diutamakan.

Hal itu yang mendasari Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan menggelar pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga dan barang-barang bekas untuk ibu-ibu rumah tangga.

Lewat pelatihan tersebut, para ibu selain dilatih berkreasi dengan sampah rumah tangga dan barang bekas, juga diberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan dari pencemaran sampah plastik.

Pelatihan yang digelar di Pendopo Kecamatan Grati, tersebut diikuti puluhan ibu rumah tangga. Mereka dibimbing dan diajari melukis di atas botol bekas air mineral, botol bekas parfum dan barang-barang bekas lainnya.

Dengan telaten dan sabar, pengurus Tim Penggerak PKK yang dikomandani ketuanya, Lulis Ratnawati, mengajari ibu-ibu melukis botol-botol plastik dengan berbagai macam gambar diantaranya bunga, binatang dan pemandangan alam.

"Saya yakin jika ibu-ibu tekun dan serius, maka karya mereka bisa bernilai jual tinggi. Kalaupun belum mampu dijual, minimal bisa jadi hiasan rumah," kata Lulis di depan ibu-ibu rumah tangga peserta pelatihan, Jumat (21/4/2017).

Kepada ibu-ibu, istri Bupati Irsyad Yusuf ini memberikan penyadaran bahwa intinya bagaimana berlatih memanfaatkan barang bekas jadi bermanfaat agar tak dibuang percuma. "Apalagi, sampah-sampah plastik jika terbuang tak bisa diurai," jelasnya.

Ibu tiga anak ini mengaku sengaja memilih kegiatan sederhana dalam memperingati Hari Kartini, asalkan mampu memberikan manfaat bagi perempuan.

"Yang penting tak mengurangi semangat dan esensi semangat Kartini yakni emansipasi wanita. Ibu Kartini adalah panutan bagi kita semua yang ingin memajukan kaum perempuan dengan tidak meninggalkan kodrat sebagai seorang anak, ibu maupun istri. Saya ajak perempuan Kabupaten Pasuruan terus mengembangkan diri dengan bakat dan minat yang dimilikinya," ungkapnya.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed