DetikNews
Selasa 18 April 2017, 18:18 WIB

Gus Ipul: Film Kartini Mampu Memberikan Inspirasi Bagi Perempuan

Rois Jajeli - detikNews
Gus Ipul: Film Kartini Mampu Memberikan Inspirasi Bagi Perempuan Foto: Istimewa
Surabaya - Film Kartini mulai diputar di bioskop-bioskop di Indonesia. Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (biasa disapa Gus Ipul) mengapresiasi film garapan sutradara Hanung Bramantyo, karena dapat menggambarkan perjuangan perempuan Indonesia.

"Film Kartini ini mampu memberikan inspirasi bagi perempuan. Meskipun RA Kartini berjuang untuk kaum perempuan, tapi tetap setia terhadap keluarganya," kata Gus Ipul usai nonton bareng film Kartini bersama Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Timur di Ciputra World XXI Surabaya, Selasa (18/4/2017).

Ketua Umum BKOW Provinsi Jatim Hj Ummu Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, pihaknya mengajak ratusan ibu-ibu untuk menyaksikan film Kartini dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Selain itu, film tersebut juga dinilai dapat menggambarkan sejarah perjuangan kaum perempuan.

"Melalui film Kartini ini, kami ingin belajar dan menghayati perjuangan perempuan Indonesia," ujar Ummu Fatma.

Selain ingin mengambil hikmah dari film tersebut, pihaknya ingin menanamkan kepada masyarakat untuk cinta terhadap film-film produk dalam negeri.

"Film ini diharapkan dapat menginspirasi para generasi penerus. Semoga banyak muncul Kartini-Kartini lain di Indonesia setelah menonton film ini," harapnya.

Dalam acara nonton bareng tersebut, juga hadir pemeran utama film Kartini, Dian Sastrowardoyo. Usai nonton bareng, Dian mengingatkan masyarakat, agar saat menonton di dalam bioskop tidak melakukan perekaman.

"Kalau nonton jangan direkam ya. Karena merekam di bioskop adalah tindakan melanggar hukum," jelas Dian.

BKOW yang diikuti 45 organisasi wanita sebagai anggotanya, menggelar nonton bareng dengan jumlah penonton sebanyak 1.762 orang. Penayangan film digelar di 11 studio dalam dua kali waktu pemutaran. Hadir juga Ketua Dharma Wanita Provinsi Jatim, istri Kapolda dan Wakapolda Jatim. Istri Kepala Staf Kodam V Brawijaya, tokoh perempuan Jatim dan pejabat perempuan di lingkungan Pemprov Jatim.

Selain hadir artis Dian, juga artis lainnya di film Kartini yakni, Ayushita dan Denny Sumarg.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed