DetikNews
Selasa 18 April 2017, 17:02 WIB

PGN Siap Salurkan Gas untuk UMKM di Sidoarjo

Suparno - detikNews
PGN Siap Salurkan Gas untuk UMKM di Sidoarjo Foto: Suparno
Sidoarjo - Usaha Mikro Kecil Menenggah (UMKM) di Sidoarjo tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Kemajuan UMKM yang pesat di Sidoarjo menjadi perhatian khusus Perusahaan Gas Negara (PGN).

Area Head PGN Sidoarjo Andaya Saputra menyatakan bahwa PGN akan mendukung sepenuhnya UMKM yang ada di Sidoarjo. Salah satunya dengan menyalurkan gas dengan tekanan menengah khusus untuk komersial.

PGN Siap Salurkan Gas untuk UMKM di SidoarjoFoto: Suparno
"Rencana PGN akan menyalurkan gas di Sidoarjo terutama di wilayah Taman Pinang khusus untuk komersial," kata Andaya Saputra usai acara "UMKM Talk Jualan Cerdas, Omzet Tanpa Batas" di Hotel Premier Inn jalan Raya Juanda Sidoarjo, Selasa (18/04/2017).

Proyek tersebut akan dilakukan pada tahun ini, karena di Sidoarjo belum ada penyaluran gas dengan tekanan menengah. "Baru pada akhir tahun ini akan dilakukan khusus untuk komersial, karena di Sidoarjo sebelumnya untuk komersial dilayani dengan tekanan rendah," jelas Andaya Saputra.

PGN Siap Salurkan Gas untuk UMKM di SidoarjoFoto: Suparno
Andaya Saputra menerangkan, sampai saat ini PGN belum melayani UMKM, karena UMKM di wilayah Sidoarjo lokasinya terpisah-pisah yang lokasinya berjauhan dengan jaringan PGN yang ada. Rencana dalam jangka panjang akan dilakukan.

"Saat ini PGN belum melayani UMKM, karena UKMK di Sidoarjo tempatnya terpisah-pisah yang lokasinya berjauhan dengan jaringan PGN yang ada, rencana khusus untuk UMKM tetap akan kami lakukan, namun sementara kami akan melayani tekanan komersial, meskipun itu bukan UMKM," terang Andaya Saputra.

Andaya Saputra menambahkan, program berikutnya adalah akan membuat proyek jaringan PGN di wilayah Waru yang mengarah ke Bandara Juanda. Setelah itu selesai, tahun 2018 akan diteruskan ke jaringan UMKM di sekitar Taman Pinang di wilayah desa UMKM tahu dan tempe di Desa Sepande Sidoarjo.

PGN Siap Salurkan Gas untuk UMKM di SidoarjoFoto: Suparno
"PGN setelah selesai membuat jaringan Waru ke Bandara Juanda dan jaringan Taman Pinang sepanjang 1,8 Km, berikutnya akan membangun jaringan mengarah ke masyarakat yang memiliki UMKM di wilayah Desa Sepande Candi Sidoarjo," tambahnya.

Jaringan gas PGN jelas Andaya, lebih aman dibandingkan dengan yang lain, karena jaringan dari PGN sangat sempurna untuk tekanan rendah. "Untuk rumah tangga itu tekanannya sekitar 0,003 bar, sementara tekanan gas untuk komersial hanya 1 sampai 4 bar. Sedangkan untuk elpiji itu tekanannya bisa sekitar 8 bar, ketika ngebros pasti membahayakan," jelasnya.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed