DetikNews
Kamis 13 Apr 2017, 13:25 WIB

Hari Terakhir UNBK, Bupati Irsyad Dicurhati Siswa dan Guru

Muhajir Arifin - detikNews
Hari Terakhir UNBK, Bupati Irsyad Dicurhati Siswa dan Guru Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Bupati Irsyad Yusuf meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di Pasuruan, hari terakhir. Bupati ingin mendengar langsung keluhan dari guru dan siswa sebagai bahan evaluasi.

Rata-rata para siswa dan guru mengaku khawatir dengan listrik padam dan gangguan jaringan internet.

""Rata-rata siswa mengkhawatirkan tentang listrik yang tiba-tiba padam pada saat ujian maupun jaringan internet yang kurang baik," kata pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini di SMAN I Kejayan, Kamis (13/4/2017).

Bupati sengaja menggandeng sejumlah pejabat seperti Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan Inda Yudiani, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Iswahyudi dan Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan As'adul Anam, agar keluhan panitia, guru dan siswa langsung didengar.

"Tadi saya tanya ke siswa, ternyata di hari kedua ujian sempat mati lampu. Tapi alhamdulillah hanya sebentar kemudian nyala lagi. Siswa juga mengeluhkan masalah jaringan internet yang kadang melambat sehingga mengganggu konsentrasi siswa terganggu. Hal-hal semacam ini bisa jadi bahan evaluasi pada pelaksanaan Unas ke depan," tandasnya.

Selain di SMKN I Kejayan, Bupati Irsyad juga mendatangi MAN Kraton, SMA Gondangwetan dan MAN 2 Pasuruan. Menurutnya, secara umum pelaksanaan Unas di Pasuruan lancar.

"Ada yang belum CBT (Computer Based Test), seperti di MAN 2 Pasuruan, masih menggunakan kertas. Tapi saya lihat tadi tak ada hambatan," pungkasnya.

Pada hari terakhir pelaksanaan ujian, setiap siswa diberi kebebasan untuk memilih salah satu mata pelajaran yang diujikan, baik IPA, IPS, maupun jurusan bahasa. Intan Nuraini, salah satu siswi kelas XII IPA 2 SMAN I Kejayan mengaku memilih mata pelajaran biologi untuk ujian bagi siswa jurusan IPA.

"Saya kebetulan suka biologi mulai Kelas X, makanya saya lebih memilih biologi. Dan semoga nanti hasilnya memuaskan," kata Intan.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed