DetikNews
Jumat 07 April 2017, 16:37 WIB

29 Warga di Blitar Keracunan Makanan Saat Acara Yasinan

Erliana Riady - detikNews
29 Warga di Blitar Keracunan Makanan Saat Acara Yasinan Foto: Erliana Riady
Blitar - Sebanyak 29 warga Dusun Rejokaton Desa Sumberagung, Gandusari Kab Blitar, diduga keracunan makanan. Mereka mengeluh pusing, mual dan diare setelah mengkonsumsi soto ayam dan teh mocca saat acara Yasinan.

Kapolsek Gandusari, AKP Purwadi membenarkan kejadian ini. Yasinan yang rutin diadakan tiap Kamis (6/4) malam itu digelar di rumah pasangan Yani dan Muntimah.

"Yasinannya sekitar pukul 19.00 wib. Jamaah Yasin itu disuguhi soto ayam dan teh mocca. Tapi baru hari ini mereka mulai mengeluh pusing, mual, muntah dan diare. Dan kami juga baru menerima laporannya hari ini," jelas Purwadi saat dihubungi Jumat (7/4/2017).

Untuk penanganan korban, tambah Purwadi, petugas Puskesmas Gandusari mendatangi satu per satu rumah korban untuk diberi obat. Hanya satu yang kondisinya parah dan dirujuk ke RSU Ngudi Waluyo Wlingi.
Sisa makanan yang menyebabkan warga keracunanSisa makanan yang menyebabkan warga keracunan Foto: Erliana Riady

"Satu yang kondisinya parah atas nama Yanto kami bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih intensif," ungkap Purwadi.

Penanganan selanjutnya, polisi membawa sisa makanan, minuman serta botol kecap ke Dinas Kesehatan Kab Blitar untuk dites laboratorium. Apa benar makanan dam minuman tersebut yang menyebabkan warga keracunan.

"Untuk tuan rumah Yasinan, saat ini masih kami periksa untuk mengetahui apakah ini kesalahan yang disengaja atau memang musibah," jelasnya.

Sementara pantauan detikcom di rumah salah satu korban, Meseri mengaku kondisinya berangsur pulih setelah mendapat suntikan dari petugas puskesmas.

"Tengah malam tiba-tiba badan saya berkeringat dingin, pusing, ke belakang bolak-balik. Kata istri, saya yang tidak ikut Yasinan, tetangga banyak yang seperti saya. Terus pak RT lapor pak polisi. Tadi pagi datang bu bidan puskesmas terus disuntik. Ini sekarang sudah tidak pusing lagi tapi masih lemes," terangnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed