detikNews
Minggu 02 April 2017, 17:17 WIB

Kontes Perdana Ikan Koi se Jawa-Bali Digelar di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kontes Perdana Ikan Koi se Jawa-Bali Digelar di Banyuwangi Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Ratusan pemilik ikan koi se Jawa dan Bali ikut kontes perdana ikan koi di Banyuwangi. Kontes ikan hias koi perdana bertajuk 'One Day Show Festival Koi Banyuwangi' ini, diikuti koi-koi dari berbagai kota.

Mulai dari Surabaya, Jember, Tulungagung, Blitar, Denpasar, Singaraja hingga Jakarta. Berbagai macam ukuran dan jenis ikan koi dilombakan dalam festival ini. Warna-warni ikan juga dinilai dalam kontes tersebut.

"Ada beberapa kategori yang kita nilai di sini. Namun dari semua kategori, penilaiannya adalah mulai dari proporsional badan, tekstur warna, kesehatan ikan atau cacat dan tidaknya ikan," Yudi, salah satu Juri dari Blitar kepada detikcom, Minggu (2/4/2017).

Menurut Muhammad Yudi Marzuk, kontes ikan hias koi ini masih perdana dilakukan. Namun atmosfer kontes ini sudah serasa kontes nasional, karena antusiasme penghobi koi di Jawa dan Bali ini cukup tinggi.

"Ada peserta yang ikut 30 ekor ikan. Ada pula yang hanya satu. Cukup bagus kontes di Banyuwangi ini. Kita harapkan bisa dilakukan tiap tahun. Apalagi jika penerbangan Jakarta nanti ada pasti lebih banyak," ujar Agus.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko mengaku bangga digelarnya kontes ini. Menurutnya, Banyuwangi memiliki potensi pengembangan ikan koi yang tak kalah dengan daerah lain yang saat ini memiliki nama sebagai tempat pembenihan Koi super. Seperti Blitar dan Tulungagung.

"Kontes ini memberikan rangsangan bagi masyarakat Banyuwangi untuk budidaya ikan kontes selain ikan konsumsi. Pastinya ada rupiah yang menggiurkan buat masyarakat bagi peternak ikan hias," ujar Wabup Yusuf.

"Tadi saya tanya ke salah satu peserta. Beli ikan koi sampai Rp 50 juta. Kan ini bisa mensejahterakan masyarakat juga jika mereka berternak Koi," tambahnya.

Sementara Agus, salah satu peserta dari Jember mengaku membawa 30 ekor ikan koi-nya untuk mengikuti kontes ini. Sebagai penghobi ikan Koi, dirinya mengaku kegiatan seperti ini seharusnya dilakukan tiap tahun. Apalagi melihat kontes hari ini yang pesertanya sudah datang dari berbagai kota di Jawa dan Bali.

"Meski ini kegiatan lokal, tapi pesertanya sudah tingkat nasional. Ikan nya bagus-bagus. Saya menang tiga kategori ini tadi," ujarnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com