Ini Poin Penting Rapergub Jatim Tentang Taksi Online

Rois Jajeli - detikNews
Kamis, 30 Mar 2017 19:27 WIB
Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo siap menelorkan peraturan tentang angkutan sewa khusus (online). Pergub tersebut akan digedok setelah Peraturan Menteri Perhubungan No 32 Tahun 2016 sudah resmi diberlakukan. Apa saja poin penting di pergub soal taksi online.

"Ada enam poin penting dalam rancanangan Pergub Jatim yang mengatur angkutan online," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampirwanto, Kamis (30/3/2017).

Keenam poin penting di Rapergub Jatim soal pengaturan angkutan sewa khusus atau online yakni, penetapan tarif batas bawah dengan besaran Rp 3.450 per kilometer (Km).

"Sedangkan untuk tarif batas atas diserahkan pada mekanisme pasar," tuturnya.

Kedua, pengaturan tentang STNK. Bagi angkutan online, STNK unit kendaraannya masih diperkenankan atas nama pribadi (Sesuai Pergub No 78 Tahun 2015). Tetapi kendaraan tersebut didaftarkan pada badan usaha atau seperti koperasi.

Ketiga, mengatur penyelenggara usaha. Diantaranya pemesanan hanya dilakukan melalui aplikasi dan tidak diizinkan menaikkan langsung di jalan atau tanpa aplikasi. Pemilik kendaraan dapat bergabung pada perusahaan penyelenggara angkutan umum. Batasan usia maksimal kendaraan yakni 10 tahun.

"Angkutan online juga tidak diperkenankan menaikan penumpang di tempat-tempat publik seperti terminal, stasiun, pelabuhan, bandara dan rumah sakit. Tetapi diizinkan untuk menurunkan," jelasnya.

Keempat, mengatur kepengusahaan yakni, perusahaan penyelanggara wajib menanggapi pengaduan masyarakat, serta harus melaporkan kegiatan usaha setiap bulan kepada Kepala Dinas Perhubungan.

Kelima, tentang penyedia aplikasi yakni, harus mendapat persetujuan dari Gubernur. Serta wajib membuka kantor cabang minimal di ibu kota provinsi.

"Akses aplikasi hanya diberikan pada kendaraan yang sudah berizin," tuturnya.

Keenam, pengaturan tentang kuota yakni, sebanyak 4.445 unit untuk seluruh Jawa Timur. Serta pengaturan identitas angkutan online dengan diberikan logo stikeer warna kuning dan simbol yang sudah ditetapkan. (roi/fat)