DetikNews
Senin 20 Mar 2017, 17:25 WIB

Dome Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan Diresmikan

Muhajir Arifin - detikNews
Dome Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan Diresmikan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meresmikan Dome Sentra Produk Unggulan di Bangil, Kabupaten Pasuruan. Dome tersebut selain sebagai lokasi pameran produk unggulan juga dijadikan sebagai gedung serba guna yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan keberadaan dome tersebut dapat memberikan ruang bagi UMKM dalam memasarkan produknya sehingga akan berdampak pada semakin dikenalnya produk-produk tersebut ke skala yang lebih luas.

"Untuk UKM yang besar harus kita jaga, kalau yang menengah kita fasilitasi, sedangkan UMKM kecil harus kita bela. Adanya dome ini sangat bagus untuk mendukung keberadaan mereka semua supaya tidak bingung lagi mencari tempat," kata Gus Ipul usai menandatangani prasasti peresmian, Senin (20/3/2017).

Sementara Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf mengatakan pembangunan dome sudah selesai pada akhir Desember tahun 2016 lalu, di mana lokasi dome berada persis di belakang sentra bordir dan kantor Dekranasda Kabupaten Pasuruan.

"Kita ingin memiliki satu gedung yang di dalamnya dapat mencover semua kegiatan perekonomian, khususnya pameran. Untuk itu kita bangun sebuah dome yang kita danai dari APBD. Pembangunan dome sendiri menyedot anggaran hingga Rp 3,2 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2016," terang Gus Irsyad, sapaan Bupati Pasuruan.

Gus Irsyad berharap ke depan segala kegiatan pameran atau kegiatan lain dalam rangka meramaikan Sentra Produk Unggulan, dapat ditempatkan di dome tersebut.

"Yang jelas juga bisa disewakan untuk nantinya ada pemasukan ke PAD (pendapatan asli daerah) atau operasional perawatan di sekitar sentra produk unggulan. Semua kegiatan pemerintahan, kesenian, budaya atau kegiatan yang melibatkan pemerintah Kabupaten Pasuruan juga bisa dilakukan di dome ini," imbuhnya.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Edy Suwanto, menjelaskan dome tersebut memiliki luas 24 X 60 meter. "Kami berharap adanya dome ini bisa menbuat semakin banyak kegiatan di Sentra Produk Unggulan yang akhirnya berimbas pada larisnya produk-produk yang ada," jelasnya.

Dome tersebut, katanya, selain untuk memamerkan produk-produk UMKM dan produk-produk perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti pemerintahan dan lainnya.

"Kalau dome selalu ada kegiatan, maka sentra produk unggulan ini akan bertambah ramai. Itu harapannya," pungkas Edy.

Peresmikan dome ditandai dengan penanda-tanganan prasasti oleh wakil gubernur yang disaksikan Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayuda, Kasatpol PP Jawa Timur Sutartib, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, Ketua Penggerak PKK Lulis Irsyad Yusuf dan pejabat lainnya.

Peresmian ini dilakukan setelah upacara peringatan HUT Satpol PP Jawa Timur ke 67 dan Satlinmas yang ke 55 yang digelar di Stadion R Soedrasono, Pogar, Bangil.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed