DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 12:46 WIB

Siswa SD di Jember Mual dan Muntah Diduga Keracunan Permen

Yakub Mulyono - detikNews
Siswa SD di Jember Mual dan Muntah Diduga Keracunan Permen Foto: Yakub Mulyono
Jember - Siswa SD Al Ihlas Jember, Jalan Letjen Suprapto dilarikan ke puskemas diduga keracunan makanan. Mereka mengalami mual dan muntah setelah makan permen yang bentuknya mirip pil bermerek Flash.

Kepala sekolah (Kasek) SD Al Ihlas, Abdul Somad Mukmin mengatakan, pagi tadi saat siswa menunggu guru masuk kelas, ada seorang siswa yang membagikan permen ke teman-temannya.

"Ada siswa kelas enam, namanya Manda. Dia dapat oleh-oleh dari budenya yang ada di (kecamatan) Ambulu (Jember). Namanya anak ya mungkin bangga dapat oleh-oleh dan ingin berbagi ke teman-temannya," kata Abdul Somad Mukmin ditemui di Puskesmas Sumbersari, Senin (20/3/2017).

Ada sekitar 10 anak yang makan permen tersebut, termasuk Manda. Mereka merupakan teman Manda yang ada di kelas 6, kelas 5 dan kelas 3.

"Begitu gurunya masuk hendak memulai pelajaran, anak-anak yang makan permen ini mengaku mual. Lama-lama kok tambah parah, akhirnya gurunya melapor," terang Abdul Somad Mukmin.

Selanjutnya, anak-anak itu dibawa ke satu ruangan khusus. Mereka pun kemudian disuruh meminum air kelapa. Sebagian besar anak-anak ini kemudian muntah-muntah yang mengindikasikan mereka memang keracunan makanan.

"Karena kita khawatir terjadi sesuatu, maka mereka kemudian kita bawa ke Puskemas. Wali murid masing-masing juga kita beritahu," kata Abdul Somad Mukmin.

Saat ini, lanjut Abdul Somad Mukmin, sampel permen akan dibawa ke dinas kesehatan untuk diuji laboratorium. "Warna permennya kuning, tadi sudah dibawa petugas," katanya.

Sementara Manda mengakui bahwa permen tersebut pemberian budenya. Dia sendiri juga ikut makan bersama teman-temannya. "Saya makan 5, lalu merasa pusing dan mual," kata siswa yang duduk di bangku kelas 6 ini.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed