DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 09:16 WIB

Pipa Pembuangan Limbah Pabrik Gula Roboh, Lalin Krembung Macet

Suparno - detikNews
Pipa Pembuangan Limbah Pabrik Gula Roboh, Lalin Krembung Macet Foto: Suparno
Sidoarjo - Muatan truk Fuso terlalu tinggi, menyebabkan pipa pembuangan limbah Pabrik Gula Krembung, Sidoarjo, roboh. Akibatnya, Jalan Raya Krembung Mojosari, macet tertutup total.

Truk bernopol N 9182 UT yang dikemudikan Enggar (37) warga Kediri, memuat kardus bekas dari Situbondo, menuju PT Pakerin Mojokerto. Saat melintas di lokasi sekitar pukul 01.00 WIB, sopir truk merasakan ada benda jatuh. Rupanya, muatan truk yang terlalu tinggi menyenggol pipa yang melintang di atas jalan.
Pipa pembuangan limbah pabrik gula roboh ditabrak trukPipa pembuangan limbah pabrik gula roboh ditabrak truk Foto: Suparno

"Sebenarnya saya mendengar suara benda jatuh gradakkk dan kemudian saya mendengar suara brakkk. Setelah berhenti, saya melihat pipa ambruk. Saya mengakui muatan terlalu tinggi, makanya saya memutar lewat PG Krembung," kata Enggar di lokasi, Senin (20/3/2017).

Manager ESDM PG Krembung Hugeng M Masluh mengaku kaget pipa ambruk ditabrak truk. Pasalnya, ketinggian pipa mencapai 7,5 meter. Selain pipa pembuangan limbah, kabel listrik yang menghubungkan komplek PG Krembung juga roboh.

"Kejadian ini sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, diduga karena muatan truk tersebut terlalu tinggi. Pipa diameter 12 cm, itu tingginya 7,5 meter. Namun masih ada kendaraan yang menyangkut dan menyebabkan pipa roboh. Dan akhirnya menutup jalan raya ini," terang Hugeng M Masluh di lokasi.

Pihaknya segera melakukan evakuasi dan diperkirakan membutuhkan waktu 3-4 jam. "Diperkirankan kami akan melakukan evakuasi mautan dan pipa pembuangan limbah PG Krembung yang roboh serta kabel listrik dengan istimasi waktu sekitar 3 hingga 4 jam," tambahnya.
Pipa pembuangan limbah pabrik gula roboh ditabrak trukPipa pembuangan limbah pabrik gula roboh ditabrak truk Foto: Suparno

Akibat kejadian ini, polisi melakukan rekayasa lalu lintas. Sebab, Jalan Raya Krembung arah Mojosari tertutup total. "Dari Surabaya yang akan ke Mojosari langsung diarahkan melewati Pakerin. Sementara yang akan ke Pasuruan diarahkan melewati Jalan Raya Krembung ke arteri Porong. Yang dari Mojosari diluruskan diarahkan melewati Japanan Gempol, sementara untuk kendaraan roda dua bisa melewati jalan kampung," kata anggota Polsek Krembung Bripka Sigiyatmo.

Hingga pukul 08.30 WIB, kemacetan terjadi dari dua arah baik Mojosari menuju ke arah Pakerin, Mojokerto. Selain itu terjadi kemacetan juga terjadi di Jalan Raya Krembung ke arteri Porong. "Mudah-mudahan, setelah berhasil dievakuasi dengan memotong kabel listrik, maka jalur ini akan kembali normal," tegas Bripka Sigiyatmo.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed