Pilkada Kota Batu

Rekapitulasi Final, Dewanti-Punjul Peroleh 51.754 Suara

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 23 Feb 2017 18:02 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Batu - KPUD Kota Batu selesai menggelar rekapitulasi Pilkada Kota Batu. Pasangan Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso tetap unggul, dan memperoleh 51.754 suara.

Perolehan suara istri Wali Kota Eddy Rumpoko ini jauh dari lawan-lawannya. Pasangan Rudi-Sujono Djonet 24.228 suara, pasangan Hairuddin-Angga 20.508 suara, dan pasangan Abdul Majid-Kasmuri Idris 19.634 suara. Total suara sah sebanyak 116.124 suara.

Penetapan hasil rekapitulasi digelar di Hotel Orchid, Kota Batu, Kamis (23/2/2017). Dari empat saksi pasangan calon yang menghadiri penetapan rekapitulasi akhir, hanya pasangan calon nomor urut 2 yang menyatakan setuju dan membubuhkan tanda tangan, sedangkan tiga saksi lainnya menolak.

"Bagi saksi paslon yang keberatan, silakan menuangkan dalam berkas DB2," ungkap Ketua KPUD Kota Batu Rohani.

Ketua Timses pasangan calon nomor urut 1, Ainur Rofiq mengatakan, keberatan karena banyak melihat adanya pelanggaran. Mulai dari tahapan Pilkada sampai proses penghitungan suara.

Dan melihat, Panwaslih seakan membiarkan adanya pelanggaran tersebut, tanpa penanganan yang profesional. "Seperti dugaan bagi-bagi duit, penggunaan fasilitas negara oleh salah satu paslon," katanya.

Alasan serupa juga disampaikan Timses pasangan calon urut 3, yang memberikan catatan bagi penyelenggara dinilai tidak profesional.

"Kami melihat banyak praktik money politik, tetapi tidak ditangani serius. Kami menolak hasil ini," tegas Wahyudi, saksi pasangan calon nomor urut 4 terpisah.

Pemilihan calon walikota dan wakil walikota Batu periode 2017-2021 diikuti oleh tiga pasangan calon diusung koalisi partai dan satu pasangan calon jalur independen, yakni pasangan nomor satu Rudi-Sujono diusung koalisi PA), Partai NasDem, dan Partai Hanura.

Pasangan calon urut dua adalah Dewanto Rumpoko, istri Walikota Batu Eddy Rumpoko berpasangan dengan Punjul Santoso kini menjabat Wakil Walikota Batu, keduanya diusung PDI Perjuangan.

Pasangan calon urut tiga adalah duet Hairuddin dan Hendra Angga Sonatha diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat, sementara pasangan calon independen adalah Abdul Majid dan Kasmuri Idris.

Jumlah DPT pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batu 2017, terdiri atas 73.634 pemilih laki-laki dan 74.341 pemilih perempuan yang tersebar pada 420 tempat pemungutan suara (TPS).

Dibandingkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), jumlah DPT mengalami penurunan. DPS Pilkada Kota Batu Tahun 2017 sebanyak 149.728 pemilih, terdiri dari 74.466 laki-laki dan 75.262 perempuan. (bdh/bdh)