detikNews
Senin 20 Februari 2017, 17:30 WIB

Dinas Pertanian Trenggalek Temukan Dugaan Sapi Antraks

Adhar Muttaqin - detikNews
Dinas Pertanian Trenggalek Temukan Dugaan Sapi Antraks Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek menemukan dugaan kasus antraks yang menyerang sapi dan warga di Kecamatan Tugu.

"Kasusnya berstatus suspek karena hasil dari laboratorium belum keluar, tapi kalau dilihat dari tanda-tanda mengarah pada antraks," kata Kelapa Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veterinir, Dinas Pertanian dan Pangan Trenggalek, Budi Satriawan, Senin (19/2/2019).

Menurutnya, kasus tersebut menyerang sapi milik Toiman, warga Desa Ngepeh, Kecamatan Tugu sejak dua pekan lalu. Selain sapi, bakteri itu disinyalir juga telah menular kepada pemilik sapi.

"Saat itu sapi Pak Toiman mengalami sakit dengan ciri-ciri mata memerah dan dubur mengeluarkan darah, kemudian oleh pemilik disembelih," ujarnya.

Dari penyembelihan itu, jari tangan Toiman yang mengalami luka tiba-tiba mengalami pembengkakan dan tidak kunjung sembuh. Petugas kesehatan hewan yang mengetahui informasi tersebut langsung melakukan penelusuran dan penanganan kedaruratan.

"Sesuai dengan tandart operasional prosedur penanganan, kami menetapkan 3 kilometer di kawasan tersebut sebagai zona merah dan saat ini terus kita lakukan penanggulangan," imbuh Budi.

Saat ini tim kesehatan hewan rutin melakukan penyuntikan antibiotik terhadap puluhan sapi di kawasan zona merah. Selain itu, juga dilaksanakan penyemprotan di kandang sapi milik warga.

"Kasus ini sudah kami laporkan ke provinsi dan kementerian pertanian. Beberapa waktu lalu dilakukan pengambilan sampel tanah dan kotoran sapi, kami masih menunggu hasil laboratorium," jelasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed