DetikNews
Jumat 17 Februari 2017, 20:57 WIB

Begini Serunya Japan Weeks 2017 di Surabaya

Rois Jajeli - detikNews
Begini Serunya Japan Weeks 2017 di Surabaya Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Konsul Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya menggelar Japan Weeks 2017. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Konjen Yoshiharo Kato mengundang Wakil Gubernur Jawa Timur, pejabat di lingkungan Pemprov Jatim, hingga chef ternama dari Surabaya, ke kediamannya, dan membuat suasana menjadi seru.

"Saya senang bisa mengundang beberapa pejabat (Pemprov Jatim) dan salah satu chef ternama dari Surabaya," kata Konjen Jepang Kato di kediamannya di kawasan Dharmahusada Surabaya, Jumat (17/2/2017).

Ketika menjamu tamu undangannya di kediamannya, Kato memperkenalkan beberapa makanan tradisional Jepang yang kerap disajikan di acara kenegaraan, menjelang pergantian musim (di Jepang) hingga festival.

Makanan tersebut yakni Eho-maki-menyerupai sushi, namun lebih memiliki cerita dan peruntungan. Makanan ini mempunyai nilai dan harapan yakni, dimakan pada hari setsubun (hari sebelum hari pertama musim semi), dengan cara menghadap arah mata angin. Hal itu dipercaya sang penikmat Eho-maki akan mendapatkan keberuntungan. Makanan tersebut juga dipercaya sebagai makanan kesukaan dewa.

"Makanan ini baru pertama kali saya sajikan dan pertunjukan secara langsung di depan orang Indonesia," tuturnya.

"Makanan ini hampir sama bentuknya dengan sushi, cuma beda isinya ada 7 makanan kesukaan dewa. Jadi makanan ini memiliki makna jika memakannya," terangnya.

7 Isi Eho-maki yang memiliki keberuntungan yakni, jamur shiitake, timun, kanpyo, belut, tamagoyaki telur gulung, sakura dembu bubuk ikan yang digulung dengan nasi khas Jepang, serta nori atau rumput laut kering.

Di sela acara Japan Weeks 2017 di kediamannya, Konjen Kato mengajak Wakil Gubernur Jatim untuk memasak. Ditemani chef Masato Tsuki asal Kanazawa, wagub yang akrab disapa Gus Ipul ini mencoba memasak tempura dan berbagai makanan khas Jepang yang belum pernah diketahui masayarakat di Indonesia, khususnya Jawa Timur yakni, Eho-maki.

"Saya senang diajak masak tempura khas Jepang," kata Wagub Saifullah Yusuf.

Menurutnya, memasak adalah hal yang menyenangkan, karena memasak menjadi gaya hidup masyarakat modern.

"Memasak sekarang ini sudah menjadi gaya hidup. Meskipun saya tidak bisa memasak. Tapi anak saya ada yang suka masak, nah itu inovasi," tuturnya.

"Karena orang tua saya dulu suka masak, jatuhnya ke anaknya nggak bisa masak, bisanya cuma disiapkan dan tinggal makan. Eh sekarang anak saya yang malah seperti neneknya, suka masak," terangnya, yang disambut geer undangan.
(roi/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed