Calon Haji Waspada Penyelenggara Bodong, Kakanwil: Cek 5 Pasti

Rois Jajeli - detikNews
Jumat, 17 Feb 2017 17:11 WIB
Surabaya - Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur meminta calon jamaah haji waspada dan hati-hati terhadap penyelenggara haji yang tidak berizin. Sebelum menyetorkan uang, menurutnya lebih baik dicek dulu '5 Pasti'.

"Dicek dulu 5 (lima) Pasti. Pasti Travel-nya. Pasti Visa-nya jelas. Pasti rumah atau pemondokannya. Pasti waktu keberangkatan dan Pasti harganya berapa," kata Kepala Kanwil Kemenag Jatim Mahfudh Shodar, Jumat (17/2/2017).

Ia mengatakan, terkait penyelanggara haji yang sudah dilaporkan ke kepolisian, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke aparat penegak hukum.

"Kalau terkait penertiban, itu ranah penegak hukum, bukan ranah kami. Istilahnya kami, melakukan pembinaan saja. Kalau masalah perizinan, jika terbukti melanggar, ya kita cabut," terangnya.

Mahfudh menambahkan, Kemenag hanya memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan melalui berbagai komponen. "Kami sudah melakukan sosialisasi, tapi secara keseluruhan tidak mungkin bisa tercover semua. oleh karena itu, setiap kali sosialisasi, kami selalu mengingatkan 5 Pasti," jelasnya.

"Kalau diantara 5 Pasti itu tidak perpenuhi, jangan sekali-sekali masuk. Lebih baik tanya dan cek ke kami, bisa mendatangi kantor, bisa lewat website. Setiap saat bisa kita terima," tuturnya.

Disinggung mengenai laporan perkara antara agen travel haji dan umroh PT Globes Travel yang melaporkan PT Almadina Citra International ke Polda Jatim, pada 9 Februari 2017, dengan tanda bukti laporan No TBL/186/II/2017/UM/JATIM.

"Kalau sudah masuk ranah hukum, kami serahkan ke aparat penegak hukum," ujarnya.

PT ACI menjaring calon jamaah haji plus dengan program Bayar 1 Gratis 1 dengan mencatut Globes Travel. Padahal Globes Travel tidak menjalin kerjamsama dan mengeluarkan program Haji 1 plus 1.

"Jangan tergiur dengan adanya iming-iming itu. Kalau tergiur iming-iming, dia tidak tahu risikonya. Oleh karena itu, harus dicek 5 Pasti-nya," tandasnya. (roi/fat)