Kuota Jatim 100 Persen, Calon Haji Daftar Tunggu Tetap Bersiap

Rois Jajeli - detikNews
Jumat, 17 Feb 2017 15:05 WIB
Surabaya - Kuota calon jamaah haji di Jawa Timur sampai saat ini masih sama seperti tahun lalu yakni 27.323 orang. Jika pemerintah pusat akan mengembalikan kuota menjadi 100 persen, maka jumlah calon haji mencapai sekitar 33 ribu orang.

"Kuota calon haji di Jawa Timur pada musim haji tahun ini masih belum ditetapkan oleh Kementerian Agama," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Mahfudh Shodar, Jumat (17/2/2017).

Melalui telepon, Mahfudh menerangkan, kuota calon haji masih sekitar 80 persen yakni 27.323 orang. Jika ada perubahan dari pemerintah pusat dan mengembalikan kuota haji 100 persen lagi, maka jumlah calon haji dari embarkasi Surabaya, mencapai lebih dari 33 ribu orang.

"Kalau tahun ini dikembalikan lagi ke 100 persen, berarti kuotanya 33 ribu sekian. masalahnya kan ini masih janji, belum terealisasi dan belum ada keputusan dari Kementerian Agama," tuturnya.

Meski demikian, Mahfudh berharap, calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu, untuk tetap bersiap-siap jika dipanggil untuk haji. "Kesiapan tetap dilakukan, sehingga sewaktu-waktu dipanggil berangkat, sudah siap semuanya," jelasnya.

Menghadapi musim haji Tahun 2017, saat ini tahapannya masih mengumpulkan lembaran merah (Bukti setoran awal ke bank). "Lembaran merah ini dikumpulkan untuk data base yang berangkat pada tahun ini," ujarnya.

Selain itu, Kanwil Kemenag Jatim juga berkoordinasi dengan Kanwil KemenkumHAM Jawa Timur. "Kita juga rapat koordinasi dengan Kanwil KemenkumHAM, dengan kepala imigrasi di 9 kabupaten dan kota, untuk proses pengurusan paspor," tandas dia. (roi/fat)