DetikNews
Senin 06 Februari 2017, 19:57 WIB

Kapal Nelayan Lamongan Tenggelam, 3 Orang Selamat 2 Orang Hilang

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Kapal Nelayan Lamongan Tenggelam, 3 Orang Selamat 2 Orang Hilang Kusairi dan Joko Suwito, korban selamat kapal nelayan Lamongan yang tenggelam (Foto: Ist)
Lamongan - Sebuah kapal nelayan asal Brondong, Lamongan terhempas diterjang ombak besar di 5 mil dari Pesisir Brondong. Dari lima awak kapal, tiga orang dapat ditemukan dan diselamatkan. Sementara dua lainnya masih dalam pencarian.

"Kejadiannya Minggu sekitar pukul 15.00 WIB," ujar Kasat Rolda Polair Pola Jatim AKBP Heru Prasetyo dalam pesan yang diterima detikcom, Senin (6/2/2017).

Heru mengatakan, kapal nelayan yang bernama KMN Sumber Laut itu berlayar dari Pembangunan Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Jompong, Brondong, Lamongan pada Minggu (5/2/2017) pukul 03.00 WIB. Ada lima orang di dalam kapal.

Mereka adalah nakhoda yakni Kasmuin (56) dan empat awak kapal yakni Muslimin (40), Kusairi (60), Supriyanto (45), dan Joko Suwito (23). Mereka semua adalah warga Brondong, Lamongan. Sekitar pukul 15.00 WIB, KMN Sumber Laut yang sedang mencari ikan, langsung terbalik diterjang ombak karena cuaca estrim.

Para awak kapal terombang ambing selama berjam-jam. Pukul 20.45 WIB, ada laporan darisebuah kapal tanker, MT Themes, ke Lamongan Shorebase bahwa kapal itu menemukan satu awak kapal atas nama Supriyanto di Perairan Lamongan. Supriyanto ahirnya diketahui merupakan awak KMN Sumber
Laut.

Supriyanto, salah satu nelayan Lamongan yang selamat Supriyanto, salah satu nelayan Lamongan yang selamat (Foto: Ist)
"Lamongan shorebase kemudian menginformasikan kepada kapal-kapal di sekitar shorebase untuk memantau bila saja menemukan ada korban lain," kata Heru.

Dan benar saja, MT Themes kemudian membuat laporan bahwa ada dua orang berteriak meminta pertolongan sekitar 300 meter di belakang MT Themes. Kapal tanker itu kemudian melapor ke Rig Tasya yang selanjutnya melanjutkan laporan itu ke kapal survei (SV) Ruby.

SV Ruby yang jaraknya lebih dekat ke korban kemudian berhasil melakukan evakuasi. Dua korban yang diselamatkan SV Ruby adalah Kusairi dan Joko Suwito. Sementara dua korban lain yakni Kasmuin dan Muslimin, belum ditemukan. Kedua korban yang belum ditemukan merupakan bapak dan anak.

"Korban selamat dibawa ke Lamongan Shorebase sementara korban lain masih dalam upaya pencarian," tandas Heru.
(fat/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed