DetikNews
Kamis 02 Februari 2017, 11:19 WIB

Kapal Motor Tenggelam, Satu ABK Hilang dan 14 Selamat

Ghazali Dasuqi - detikNews
Kapal Motor Tenggelam, Satu ABK Hilang dan 14 Selamat Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Kecelakaan laut terjadi di Selat Madura Situbondo. Sebuah kapal motor bernama 'Anugerah' karam setelah dihantam ombak besar di Perairan Besuki.

Saat kejadian, kapal motor jenis selerek itu membawa 15 nelayan asal Kraksaan, Probolinggo. Praktis, 15 ABK langsung ikut tercebur ke laut. Sekitar 3 jam mereka terombang-ambing di tengah laut, sebelum akhirnya ditemukan nelayan asal Besuki, Situbondo.

Sebanyak 14 ABK berhasil diselamatkan nelayan Besuki yang sedang melaut. Mereka langsung dievakuasi ke atas perahu dan dibawa ke pesisir Pantai Besuki. Sementara 1 ABK lainnya bernama Fendi (30) warga Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, hingga kini masih hilang.

"Ada satu nelayan yang dikabarkan hilang. Kami masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pencarian. Satu unit perahu karet milik BPBD sekarang sudah disiapkan di pesisir Besuki," kata Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo ditemui di TPI Besuki, Kamis (2/2/2017).

Keterangan detikcom menyebutkan, insiden yang menimpa kapal motor nelayan bernama 'Anugerah' itu terjadi diperkirakan 1,5 mil dari Pantai Besuki, sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (1/2) malam. Saat kejadian, kapal motor milik Bahran itu membawa 15 ABK seluruhnya nelayan asal Kraksaan, Probolinggo. Kapal motor ini karam setelah dihantam ombak dari arah belakang.

Tak ayal, sebanyak 15 ABK langsung tercebur ke laut. Mereka berusaha meraih dan berpegangan ke benda-benda terapung yang ditemukan di sekitar kapal motor yang tenggelam. Setelah hampir 3 jam mereka terombang-ambing di tengah laut, ada dua perahu motor nelayan Besuki melintas dan menemukan mereka, sekitar pukul 24.00 WIB.

Sebanyak 14 ABK langsung dievakuasi dengan dinaikkan ke atas perahu motor. Rinciannya, 13 ABK dievakuasi ke atas perahu motor bernama 'Mampu-3' milik H Solihin dan 1 ABK lagi dievakuasi ke atas perahu motor bernama 'Barokah' milik Pak Jadi. Sementara 1 ABK lainnya bernama Fendi, hingga kini belum ditemukan.

"Sebanyak 14 ABK sudah berhasil dievakuasi nelayan sini. Mereka langsung dibawa ke sini, semuanya selamat. Baru saja dijemput oleh keluarganya. Tinggal satu orang yang hilang," tandas Kepala Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Sudarsono, di TPI Pesisir Besuki.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed