DetikNews
Rabu 01 Februari 2017, 16:18 WIB

Dua Tenaga Kerja Asing asal Tiongkok Dideportasi

Eko Sudjarwo - detikNews
Lamongan - Masih ingat Tim Koordinasi Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Lamongan mengamankan 2 pekerja asing asal Tiongkok, karena tidak memiliki dokumen lengkap? Mereka akhirnya dideportasi.

"Ya benar, 2 pekerja asing yang kami razia dulu, menurut imigrasi telah dilakukan tindakan administratif berupa pendeportasian," kata Ketua Tim Pora Lamongan, Sudjito kepada wartawan di kantornya Jalan Lamongrejo, Rabu (1/2/2017).

Mereka, jelas pria yang juga kepala bakesbangpol linmas ini, berinisial FW dan CJ telah habis masa tinggalnya di Indonesia berakhir 2015 lalu. CJ diketahui memegang paspor izin tinggal kunjungan dan bukan visa kerja.

"Yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran pasal 73 ayat 2 huruf b dan huruf f UU nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian," jelasnya.

Sebelumnya, Rabu (11/1) lalu Tim Pora Lamongan mengamankan 2 tenaga kerja asing (TKA) diduga melanggar peraturan keimigrasian dan ketenagakerjaan. Mereka diamankan saat bekerja di toko Desa Sidomukti, Jalan Raya Mantup-Lamongan.

Sudjito mengaku dua pekerja asing ini diamankan bermula dari laporan masyarakat sekitar yang mengetahui keberadaan mereka. Mendapat informasi tersebut, pihaknya menindaklanjuti. Dalam pemeriksaan, jelas dia, mereka tidak dilengkapi dokumen-dokumen keimigrasian. Seperti Visa, Paspor, Kitas dan IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing).
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed