DetikNews
Senin 30 Januari 2017, 12:09 WIB

Penjual Pupuk Bersubsidi asal Probolinggo Diamankan

M Rofiq - detikNews
Penjual Pupuk Bersubsidi asal Probolinggo Diamankan Foto: M Rofiq
Probolinggo - Seorang penjual pupuk urea bersubsidi diamankan anggota TNI berpakaian preman dari unit Satuan Intel Komando Distrik Militer 0820 Probolinggo.

Agus (42) warga Kecamatan Wonoasih, Kabupaten Probolinggo, ditangkap karena menjual pupuk urea bersubsidi. Dia sengaja menimbun pupuk dan dijual dengan harga yang lebih mahal.

Petugas berhasil mengamankan 1 unit mobil pickup bermuatan 15 sak atau 7 kwintal lebih pupuk urea subsidi, nota bukti transaksi, 4 buah handphone dan uang Rp 6 juta dan Rp 800 ribu, yang diduga hasil penjualan pupuk subsidi.

Pelaku seharusnya menjual pupuk subsidi di kios eceran miliknya untuk diedarkan di Kecamatan Wonosih. Tapi pelaku nekat menjual di kecamatan lain dengan harga Rp 135 ribu per sak. Seharusnya harga eceran yang ditetapkan pemerintah hanya Rp 95 ribu.

Ulah pelaku menyebabkan kelangkaan pupuk urea di tingkat petani di wilayah kota dan Kabupten Probolinggo dan menjadi polemik para petani saat musim tanam padi.

Komandan Unit Intel Kodim 0820, Lettu Inf. Subairi mengaku keberhasilan tangkap tangan saat pelaku menjual pupuk ini, lantaran ada penyimpangan penjualan tinggi.

"Pelaku berdomisili di Kecamatan Wonoasih dan dijual di Kecamatan Sumberasih. Pelaku menjual pupuk dengan harga yang cukup tinggi. Kami masih menyelidiki pelaku lainnya," tegas Inf. Subairi.

Pemerintah sendiri sejak Januari 2017 mengurangi pengiriman stok pupuk dari 9.000 ribu sak menjadi 7.000 ribu sak. Sehingga terjadi pengurangan 2.000 ribu sak, dengan alasan kurangnya lahan pertanian di wilayah Probolinggo.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed