Batik Banyuwangi Diboyong Tampil di Indonesia Fashion Week 2017

Putri Akmal - detikNews
Jumat, 27 Jan 2017 09:09 WIB
Foto: Putri Akmal
Banyuwangi - Puluhan desain batik Banyuwangi akan kembali tampil di ajang fashion bergengsi, Indonesia Fashion Week (IFW), yang digelar 1-5 Februari 2017 mendatang. Pada gelaran itu, industri kreatif lokal menjadi garda depan untuk semakin dikenalkan ke kancah internasional.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, para perajin batik lokal perlu dukungan untuk berkembang. Tak cukup hanya diberi pelatihan, tapi juga dibantu pemasaran serta diangkat nama besarnya. Lewat IFW, pemerintah daerah juga ingin mendorong pelaku industri kreatif batik agar meningkatkan kualitas karyanya.

"Kalau cuma dilatih, tapi tidak dibantu promosi kan tidak mungkin ada pembeli. Nah, keikutsertaan di IFW ini membuat batik Banyuwangi semakin dikenal dan ikut mewarnai industri fesyen nasional," kata Anas di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kamis (27/1/2017).

Anas menambahkan, Banyuwangi terus konsisten dalam mengangkat industri batik dan fashion daerah. Pada 2014, batik Banyuwangi juga diberi kehormatan untuk tampil mengikuti ajang IFW 2014 dengan menggandeng desainer Pricilla Saputro. Setiap tahun, Banyuwangi juga rutin menggelar event Banyuwangi Batik Festival (BBF) yang secara khusus mengeksplorasi khazanah batik lokal.

"Saat daerah lain semangat membawa tema budaya global ke tingkat lokal, kami justru membawa tema budaya lokal ke level global. Salah satunya lewat Batik Festival," imbuh Anas.

Pada IFW 2017, Pemkab Banyuwangi menggandeng Irma Lumiga, desainer asli Banyuwangi yang sukses mengembangkan fashion di Bali. Tema yang diusung adalah Sekar Jagad Banyuwangi yang diterjemahkan dalam 71 desain busana. Semua batik yang ditampilkan ialah batik hasil karya UKM Banyuwangi.

Tema Sekar Jagad Banyuwangi diambil lantaran membawa makna keberagaman batik Banyuwangi. Sebanyak 71 desain fashion batik itu akan disajikan dalam busana kebaya, ready to wear dan Houte Couture (Adi busana).

"Batik yang kami suguhkan lebih spesifik, motif khas Banyuwangi akan sangat menonjol di setiap desainnya. Meskipun dari jarak 25 meter, motif Banyuwangi bisa terlihat. Semua busana itu dikemas elegan yang bernuansa etnik," tandas Irma. (fat/fat)