DetikNews
Senin 09 Januari 2017, 14:44 WIB

Nelayan di Probolinggo Tuntut Cari Ikan dengan Jaring Cantrang

M Rofiq - detikNews
Nelayan di Probolinggo Tuntut Cari Ikan dengan Jaring Cantrang Foto: M Rofiq
Probolinggo - Ratusan nelayan di Kota Probolinggo memblokir jalan dan menggelar unjuk rasa ke kantor Dinas Perikanan dan Kelautan, Senin (9/1/2017).

Mereka kesal aspirasinya tidak ditanggapi dinas perikanan menggunakan jaring cantrang ikan beberapa waktu lalu. Aksi nelayan makin panas karena kepala dinas tak kunjung menemui nelayan.

Seorang istri nelayan, Sa'adah mengeluh karena suami dan nelayan lainnya tidak bisa melaut. Mereka menganggur dan harus mencari pekerjaan lain.

"Sudah 10 hari nelayan tidak bekerja, dan banyak bekerja ke luar kota, karena tidak boleh melaut dan akan diganti alat tangkap ikan lain. Kalau tidak kerja makan apa, bayar sekolah, PDAM dan listrik tidak bisa bayar," keluh Sa'adah saat demo.

Nelayan lain, Ahmad Jupri mengaku rugi jika kondisinya menganggur. "Tuntutan nelayan bisa kerja dan melaut, karena biaya dan peralatan di kapal sudah siap. Kalau dibiarkan begitu saja, rugi kita kalau begini terus," tambah Ahmad Jupri.

Para nelayan pun mengancam akan mendatangi kantor dinas perikanan dan kantor gubernur Jawa Timur, jika tuntutannya tidak terpenuhi. Mereka pun meninggalkan kantor dinas perikanan dan melakukan konvoi menuju kantor DPRD Kota Probolinggo.

Sementara polisi menghalau massa agar tidak memblokir jalan dan mengawal aksi tersebut hingga para nelayan membubarkan diri.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed